Kerap Dilanda Kecemasan dan Stres Coba Atasi dengan Lima Makanan Ini
berita
Sumber Foto : inews.id
25 September 2019 12:00
Watyutink.com – Kebanyakan orang pasti pernah mengalami kecemasan dan stress. Hal ini jika dibiarkan akan memperburuk kesehatan tubuh. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti berolah raga, istirahat yang cukup, ataupun pergi berlibur. Namun ternyata terdapat beberapa makanan yang kandungannya dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stress tersebut.

Tahukah Anda lima makanan penghilang kecemasan dan stress?

Cokelat hitam, membantu pelepasan zat kimia pendorong mood seperti hormon dopamine dan serotonin. Cukup satu ons cokelat hitam (sekitar satu atau dua potongan cokelat) sudah mampu menurunkan kecemasan dan stress Anda.

Bubur gandum, kaya akan serat yang mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil, sehingga terhindar dari penurunan mood. Selain itu kandungan karbohidratnya membantu pelepasan hormon serotonin dalam tubuh.

Baca Juga

Jeruk, mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C mampu meningkatkan sistem imun tubuh serta mengurangi pelepasan hormon kortisol (hormon penyebab stress). Selain itu Vitamin C juga mampu mengurangi respon secara fisik dan mental terhadap stress.

Bayam, tinggi akan kandungan magnesium. Magnesium berperan dalam mengatur tekanan darah secara alami. Menurut Susan Albers, PsyD, seorang Psikolog klinis di Cleveland Clinic, kekurangan magnesium dapat memicu terjadinya kecemasan dan depresi.

Alpukat, mengandung lemak sehat yang membantu mengatur komunikasi syaraf dan membantu Anda berfikir lebih jernih. Selain itu kandungan vitamin B yang tinggi terbukti dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stress dalam tubuh.

Sudahkah Anda bahagia hari ini?

(GD)

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia