Ketahui Ini Sebelum Beralih ke Sepeda Motor Listrik
berita
Sumber Foto : electricisart-bogipower.com
08 August 2019 11:15
Watyutink.com - Polusi udara masih menjadi salah satu problematika lingkungan yang banyak terjadi terutama di perkotaan. Emisi kendaraan bermotor berbahan bakar fosil ini, disinyalir menjadi salah satu sumber polusi udara terbesar. Berbagai macam solusi telah dilakukan guna mengatasi polusi udara. Salah satu solusi yang baru-baru ini hangat diperbincangkan adalah penggantian kendaraan bermotor berbahan bakar fosil dengan kendaraan bermotor tenaga listrik. 

Tahukah Anda kelebihan dan kekurangan sepeda motor listrik?

Sepeda motor listrik memiliki kenampakan yang hampir sama dengan sepeda motor pada umumnya. Perbedaaan paling menonjol adalah sumber tenaga penggeraknya. Sepeda motor listrik bersumber dari baterai, sedangkan sepeda motor pada umumnya bersumber dari bensin. Munculnya sepeda motor listrik ini digadang-gadang mampu mengatasi permasalahan polusi udara nantinya.  

Dianggap menjadi moda transportasi primadona masa depan, sepeda motor listrik memiliki berbagai kelebihan. Kelebihan yang paling utama adalah ramah lingkungan. Sumber listrik pada sepeda motor ini dapat dipanen dari sumber-sumber alami misalnya pembangkit tenaga angin dan panel surya. Otomatis tidak ada emisi gas buang yang diproduksi. Selain itu baterai yang sudah mencapai batas umur dapat didaur ulang agar bisa digunakan kembali. 

Efisien juga menjadi salah satu kelebihan dari sepeda motor listrik. Sepeda motor listrik memiliki onderdil yang sedikit sehingga memiliki rentang operasional yang panjang. Selain itu, dari segi biaya pun sepeda motor ini lebih rendah karena tidak memerlukan bahan bakar. Persyaratan servis yang minimal membuat biaya perawatan sepeda motor ini pun juga rendah. 

Selain itu, sepeda motor listrik dianggap lebih aman dibandingkan sepeda motor pada umumnya. Hal ini dikarenakan sepeda motor listrik memiliki fitur pengaturan yang dapat membatasi maksimal kecepatan kendaraan. Fitur ini sangat bermanfaat jika diterapkan di perkotaan untuk menekan tingkat kecelakaan. 

Selain mempunyai kelebihan, sepeda motor listrik tak luput dari kekurangan. Usia baterai yang terbatas menjadi salah satu kekurangan sepeda motor listrik. Pada umumnya usia pakai baterai tidak jauh dar 2 tahun. Disamping itu harga beli baterai tidaklah murah, kurang lebih 1 juta. Hal ini tentunya menjadi kendala tersendiri bagi penggunaan sepeda motor listrik mengingat tanpa adanya aki sepeda motor listrik tidak dapat digunakan. 

Sepeda motor listrik memiliki daya tempuh yang terbatas yaitu kurang lebih 60 kilometer. Sepeda motor listrik menggunakan energi baterai, dan energi ini hanya mampu menyimpan daya untuk beberapa jam. Sehingga jika ingin bepergian jauh harus mempertimbangkan dahulu jarak tempuh dan daya baterainya. Selain itu sepeda motor listrik memiliki kecepatan maksimal yang rendah. Hal ini justru menjadi penghambat bagi para pengguna yang berada di perkotaan mengingat dunia kerja dituntut untuk serba cepat. 

Di Indonesia jaringan bengkel resmi untuk servis sepeda motor listrik masih sangat jarang. Oleh karena itu apabila terjadi permasalahan pada sepeda motor listrik, pengguna harus memutar otak dua kali untuk memperbaikinya. Hal ini dikarenakan tidak semua bengkel mampu memperbaiki permasalahan pada sepeda motor listrik.
 
Tidak seperti sepeda motor bahan bakar fosil, sepeda motor listrik hanya mampu menerima beban maksimal 120 kg saja. Hal ini menunjukan bahwa sepeda motor listrik tidak diperuntukkan sebagai alat transportasi umum seperti ojek ataupun alat angkut berat. 

Rentan waktu pengisian daya baterai kurang lebih delapan jam. Jika pengisian daya kurang dari delapan jam lambat laun mampu mengurangi kemampuan baterai menyimpan daya. Jika baterai bermasalah akan mempengaruhi kinerja dari sepeda motor listrik itu sendiri.

Sepeda motor berbahan bakar bensin dan sepeda motor listrik masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Terlepas dari itu semua lebih baik memilih Sepeda motor sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. (zaki)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar             GBHN Isu Elite Politik Saja             Kepentingan Politik Lebih Menonjol