Ketepeng, Tanaman ‘Api Lilin’ dengan Beragam Khasiat, Sembuhkan Cacingan, Kembung, Sariawan dan Kudis
berita
Daun Ketepeng
11 May 2020 16:25
Watyutink.com – Tanaman ketepeng selama ini lebih dikenal sebagai tanaman hias. Pasalnya tanaman ini tanaman ini mempunyai bunga yang cukup cantik. Berbentuk seperti lilin bungan tanaman ketepeng berwarna kuning yang jika dilihat mirip seperti api yang tengah menyala. Itulah sebabnya dalam bahasa Inggris, tanaman ketepeng disebut sebagai candletree, emperor's candlesticks, empress candle plant, candle bush, dan seven golden candlestick.

Ternyata selain sebagai tanaman penghias halaman, ketepeng juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Pasalnya tanaman ketepeng memiliki kandungan senyawa yang berguna untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Itulah sebabnya ketepeng sering dijadikan bahan untuk obat tradisional atau herbal, terutama daunnya.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun ketepeng untuk kesehatan?

Ketepeng mempunyai nama ilmiah Senna Alata dan Cassia Alata. Tumbuhan ini berasal dari kawasan tropis Meksiko di benua  Amerika yang lalu menyebar hingga ke Asia, termasuk Indonesia. Orang Melayu menyebut daun ketepeng sebagai daun kupang, daun kurap, dan gelanggang. Sedangkan orang Jawa menyebutnya ketepeng kebo atau ketepeng cina. Orang Sunda menyebutnya ki manila atau ketepeng badak. Orang Madura menyebutnya ancon-anconan.

Penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan daun ketepeng memiliki kandungan beragam senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya, flavanoid, karbohidrat, alkaloid, antrakuinon, saponin, dan tannin. Hal ini membuat tanaman ‘api lilin’ ini berkasiat sebagai obat beberapa penyakit, salah satunya untuk mengobati cacingan.

Penyakit cacingan sangat mengganggu, terutama bagi anak-anak. Pasalnya organ pencernaan jadi terganggu. Pertumbahan anak-anak pun jadi terhambat lantaran asupan nutrisi bagi tubuh tehambat. Daun ketepeng bisa jadi altenatif untuk mengusir cacingan, terutama cacing kremi.

Rebus tujuh lembar daun ketepeng yang telah dibersihkan dengan dua gelas air. Tambahkan pula asam jawa secukupnya dan dua sedok teh akar kelembak bubuk yang bisa dibeli di toko obat tradisional. Setelah mendidih angkat dan saring. Biarkan dan minum saat masih hangat.

Daun ketepeng juga ampuh mengobati perut kembung yang biasanya muncul akibat masuk angin. Perut kembung juga kerap mengganggu nafsu makan. Pasalnya perut terasa penuh sehingga menurunkan nafsu makan. Caranya tak jauh beda, rebus enam atau tujuh lembar daun ketepeng dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Saring dan minum selagi masih hangat.

Mengonsumsi air rebusan daun ketepeng juga bermanfaat untuk mengobati sariawan. Gangguan mulut ini seringkali menimbulkan rasa perih dan panas di mulut. Akibatnya selara makan jadi hilang. Itulah sebabnya sariawan harus segera diatasi. Salah satunya dengan ramuan daun ketepeng.

Caranya, ambil empat lembar daun ketepeng segar. Siapkan pula garam dapur secukupnya. Cuci daun ketepeng hingga bersih, lalu kunyah dengan garam hingga keluar airnya. Telah air kunyahan tersebut dan buang ampasnya. Lakukan beberapa kali hingga sariawan sembuh.

Daun ketepeng juga bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil dan besar. Caranya, sediakan enam hingga tujuh lembar daun ketepeng segar, rebus dengan dua gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja. Angkat dan saring. Minum selagi hangat. Lakukan dengan rutin dua kali sehari.

Daun ketepeng juga bisa jadi obat untuk mengatasi sakit kulit seperti kudis. Caranya, sediakan 10 gram daun ketepeng segar. Tumbuk atau giling hingga halus, campur dengan sedikit air. Tempelkan ramuan tersebut di kulit yang terkena kudis atau penyakit lainnya, lalu balut dengan kain bersih.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF