Ketumbar Bukan Hanya Sedapkan Makanan, Bisa Atasi Rematik, Radang Kulit dan Keluhan Pencernaan
berita
Ketumbar
10 July 2020 08:00
Watyutink.com - Selama ini kita mengenal ketumbar hanya sebagai bumbu dapur. Bumbu masak berbentuk bulat ini digunakan agar rasa masakan lebih pekat dan nikmat. 

Tahukah Anda, ternyata ketumbar bukan hanya berguna untuk masakan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. 

Berbagai penelitian mengungkapkan ketumbar memiliki 30 kalori, 1,8 gram lemak, 1,2 gram protein, 5,6 gram karbohidrat dan empat gram serat. Sehingga mengkonsumsi ketumbar dapat memenuhi kebutuhan harian hingga delapan persen kalsium, 10 persen zat besi, empat persen vitamin C, dan 68 persen vitamin K.

Beragam manfaat pun diyakini terdapat pada ketumbar, seperti mengatasi rematik, radang sendi, radang kulit, dan keluhan pencernaan. Selain itu ketumbar juga dapt menurunkan kolesterol, mengatasi panas dalam, mencegah diabetes, meredakan nyeri haid dan menyehatkan mata. 

Ketumbar juga dapat membantu menambah nafsu makan dan meningkatkan stamina. Selain itu juga dapat mencegah osteoporosis, anemia, wasir, serta mengatasi bau badan dan mulut.

Cara penyajiannya sangat mudah. 

Seduh satu atau dua sendok teh ketumbar dengan air panas. Diamkan selama 15-20 menit. Lalu saring air rendaman ketumbar tersebut. Bisa juga ditambahkan madu, jahe, atau kayu manis. 

Minum satu atau dua kali sehari. Manfaat ketumbar akan Anda rasakan. 

 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila