Keunikan Buah Melinjo, Bijinya Sebabkan Asam Urat, Kulitnya Justru Jadi Obatnya
berita

13 March 2019 16:20
Watyutink.com - Selama ini kita mengetahui bahwa emping adalah makanan “terlarang” bagi penderita asam urat. Pasalnya makanan yang terbuat dari biji melinjo ini mengandung banyak mengandung purin yang bisa memicu asam urat.

Tapi tahukah Anda, ternyata kulit melinjo justru bisa menjadi obat yang ampuh mengusir asam urat.

Biji melinjo diketahui kaya akan kandungan purin. Dalam 100 gram emping terdapat sekitar 150-800 miligram purin. Jumlah ini terbilang sangat banyak untuk tubuh manusia. Bagi penderita asam urat jumlah tersebut sudah cukup untuk membuat persendian terasa nyeri akibat asam urat kambuh.

Saat tubuh mengkonsumsi purin a sistem pencernaan akan segera merespons dengan memproduksi asam urat. Produksi asam urat yang berlebihan akan menyebabkannya mengendap di persendian. Hal inilah yang menjadi awal munulnya rasa sakit dan nyeri pada persendian saat asam urat kambuh.

Itulah sebabnya penderita asam urat sangat tidak disarankan mengkonsumsi emping melinjo, meskipun diakui camilan yang satu ini sangat nikmat dan kadang membuat orang ketagihan.

Namun, berbeda dengan bijinya yang menyebabkan asam, kulit melinjo justru menjadi penawarnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan Prof. Subandi dan Sri Wulandari dari jurusan Kimia Universitas Negeri Malang, membuktikan ekstrak etanol pada kulit melinjo justru dapat menghambat dan menghancurkan xantin oksidase-enzim, penyintesis asam urat. Itulah sebabnya kulit melinjo diyakini berkhasiat mencegah penyakit asam urat atau gout.

Riset empiris juga mengungkapkan, kulit melinjo mengandung asam askorbat, tokoferol, flavonoid, saponin, dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan serta mempunyai daya inhibisi terhadap aktivitas xantin oksidase.

Sementara itu penelitian yang dilakukan Anggun Nia Dewi, mahasiswa dari Departemen Biokimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan bahwa kulit melinjo memiliki kandungan senyawa aktif yang berperan sebagai antihiperurisemia.

Hiperurisemia adalah sebuah kondisi saat tubuh mengalami peningkatan kadar asam urat lebih batas normal. Jika dibiarkan kondisi ini bisa memicu penyakit asam urat. Itulah sebabnya mengkosumsi kulit melinjo bisa dijadikan alternatif mengatasi asam urat. Selain tanpa efek samping karena berasal dari bahan alami, kulit melinjo juga terjangkau harganya.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Rekonsiliasi ala Amien Rais Tidak Beretik Demokrasi             Indonesia Butuh Rupiah Kuat             Pembangunan Kodim untuk Wilayah 3T Urgen             Harus Disesuaikan dengan Kebutuhan dan Ancamanya             Rekonsiliasi Transaksional Rusak Mental Bangsa             Tak Ada Rekonsiliasi Tanpa Power Sharing             Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan