Khasiat Daun Asam Jawa, Mengobati Asma, Rematik, Diabetes, dan Malaria
berita

02 March 2019 19:05
Watyutink.com - Manfaat asam jawa bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Berbagai penyakit bisa disembuhkan dengan tanaman ini, mulai dari menyembuhkan flu, pilek, demam, asma, hingga penyakit jantung dan kanker. 

Namun manfaat asam jawa bukan hanya buahnya, melainkan juga daunnya. Dibalik bentuknya yang kecil, daun asam jawa memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. 

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun asam jawa dan bagaimana cara meramunya menjadi obat?

Daun asam jawa diketahui kaya akan kandungan falovonoid dan tanin yang bisa  meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya proses pembakaran lemak menjadi energi dalam tubuh bisa lebih cepat dan maksimal. Itulah sebabnya mengonsumsi ramuan daun asam jawa sangat tepat bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. 
Para ahli kesehatan menyebut daun asam jawa sebagai obat herbal yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan ramuan daun asam jawa adalah asma. 

Siapkan dua tangkai daun asam jawa dan adas pulowaras secukupnya. Rebus kedua bahan tersebut hingga mendidih. Tunggu hingga agak dingin lalu saring. Minum secara rutin dua kali sehari. Bisa juga ditambahkan gula atau madu untuk menambah rasa. 

Bagi penderita rematik, ramuan daun asam jawa juga bisa menjadi alternatif penyembuhan. Ambil beberapa helai daun  dan biji asam jawa. Tumbuk keduanya hingga halus. Oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terserang rematik. Lakukan secara rutin hingga rematiknya hilang.

Daun asam jawa juga bisa membantu mengatasi penyakit diabetes. Pasalnya daun asam jawa berguna untuk meningkatkan kadar insulin dalam darah. 

Selain itu ramuan daun asam jawa bisa meningkatkan fungsi organ hati yang menjadi penyebab penyakit kuning atau hepatitis. Daun asam juga bisa membantu kinerja empedu dalam menyaring darah dan kotoran sehingga tubuh terhindar dari penyakit kuning.

Daun asam jawa juga dapat mengobati penyakit malaria akibat gigitan nyamuk anopheles. Kandungan anti bakteri dalam daun asam jawa bisa mengurangi penyebaran bakteri  plasmodium falciparum dalam tubuh akibat gigitan nyamuk. 

Jika Anda terserang demam atau panas, ramuan daun asam jawa bisa membantu menurunkannya. Rebus daun asam jawa dan adas pulowaras. Minum ramuan tersebut dua kali sehari hingga demamnya sembuh.

Daun asam jawa juga ampuh mengobati batuk, khususnya batuk kering. Siapkan beberapa helai daun asam jawa, setengah genggam daun saga, dan empat gelas air putih. Rebus hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minumlah ramuan tersebut. Minum saat masih hangat agar tenggorokan menjadi lega.

 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus