Khasiat Tak Terduga Daun Putri Malu, Sembuhkan Batuk, Demam, Cacingan dan Insomnia
berita

22 July 2021 17:00
Watyutink com - Salah satu tanaman yang banyak dikenal orang adalah bunga Putri Malu. Tanaman ini sangat dikenal lantaran kenunikan yang dimiliki bunga Putri Malu, yakni jika disentuh, daunnya akan mengatup atau menutup sendiri. Mungkin itu pula yang membuat tanaman ini disebut 'putri malu.'

Itulah sebabnya bunga Putri Malu sangat disukai anak-anak bahkan menganggapnya sebagai tanaman lucu. Meski berduri, anak-anak berebut menyentuh daun tanaman Putri Malu. 

Ternyata selain 'menghibur' tanaman putri malu juga menyehatkan. Pasalnya tanaman ini memiliki kandungan senyawa yang berkhasiat untuk kesehatan. 

Tahukah Anda, apa saja khasiat tanaman putri malu bagi kesehatan? 

Penelitian yang dilakukan para ahli membuktikan putri malu memiliki kandungan senyawa flavonoid, tanin, polifenol, monoterpenoid, seskuiterpenoid, steroid, saponin, dan kuinon. Selain itu putri malu juga mengandung melatonin, yang memberi efek relaksasi pada saraf otak kecil. 

Sedangkan kandungan senyawa mimosin dan tannin dalam putri malu memiliki efek antihelmintik yang bisa membunuh cacing dalam saluran pencernaan. 

Putri malu juga kaya akan kandungan nutrisi seperti asam askorbat, beta karotene, thiamin, potasium, fosfor, dan zat besi. Itulah sebabnya tanaman putri malu bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya menjadi obat batuk. 

Caranya, rebus 10 hingga 15 gram daun putri malu. Setelah mendidih angkat dan biarkan menjadi hangat. Minum air rebusan tersebut dengan rutin sampai batuk sembuh. Air rebusan daun putri malu ini juga bisa menjadi obat alami dalam menyembuhkan gangguan pernapasan akibat flu. 

Minum air rebusan daun putri malu juga bisa menurunkan demam dan meredakan sakit kepala. Pasalnya kandungan senyawa dalam daun putri malu mampu mengontrol suhu tubuh agar selalu normal sehingga demam dan panas bisa diturunkan. Minum air rebusan daun putri malu juga bermanfaat mencegah badan menggigil akibat demam. 

Rebusan air daun putri malu juga bermanfaat mengobati penyakit hepatitis. Hal ini lantaran kandungan mimosin, tanin, asam pipekolinat dalam daun putri malu bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan penyakit hepatitis. 

Selain itu, air rebusan daun putri malu juga dapat meminimalisir gejala peradangan pada organ hati yang muncul akibat virus penyakit hepatitis. 

Bagi penderita insomnia atau gangguan tidur, daun putri malu bisa menjadi solusi alternatif. Pasalnya putri malu mempunyai kandungan zat melatonin yang mampu memberikan efek sedatif atau penenang. Sehingga tubuh akan lebih rileks dan memicu rasa kantuk. Akibatnya tubuh bisa tertidur lebih cepat dan nyenyak. 

Untuk mengobati insomnia caranya dengan merebus 50 gram putri malu dengan air secukupnya. Setelah mendidih, angkat dan biarkan menjadi hangat. Saring dsn minum ramuan tersebur sebelum tidur. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF