Kombinasi Puasa Sunnah dan Bekam, ‘Pasukan Elite’ yang Siap Usir Virus Penyakit dari Tubuh Manusia
berita
Ketua Asosiasi Bekam Indonesia, dr Zaidul Akbar
16 April 2020 15:20
Watyutink.com – Salah satu cara menghindari terjangkit virus penyakit adalah dengan memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Jika sistem imun kuat tubuh akan terlindungi atau mempunyai benteng yang melindunginya dari paparan virus penyakit.

Selama ini orang lebih mengenal obat-obatan, baik kimia maupun herbal sebagai sarana memperkuat sistem imun. Padahal ada juga cara memperkat sistem imun tanpa menggunakan obat-obatan, yakni dengan bekam. Salah satu pengobatan Islam yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW ini terbukti mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Tahukah Anda, bagaimana cara bekam bisa memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh?

Bekam adalah sebuah terapi yang dilakukan dengan menggores atau menusuk permukaan kulit. Sebelumnya kulit akan terlebih dahulu dipompa atau disedot. Nantinya darah yang keluar dari goresan atau tusukan tersebut akan keluar dan ditampung dalam mangkok kecil.  

Ketua Asosiasi Bekam Indonesia, dr Zaidul Akbar mengatakan hampir semua penyakit bisa disembuhkan dengan terapi bekam. Bahkan terapi bekam menurut Zaidul bisa memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Zaidul mengistilahkan sistem imun adalah ‘pasukan elite’ yang dimilik tubuh untuk melawan virus atau kuman penyakit. Bekam adalah salah satu cara memanggil kedatangan para ‘pasukan elite’ itu.

Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang ini menjelaskan, di dalam sistem imun manusia terdapat leukosit dan makrofag. Saat permukaan kulit disayat atau ditusuk, otak akan memerintahkan sistem imun untuk mendatangi bagian tubuh yang dilukai tersebut. Sebagai ‘pasukan elite’, sistem imun yang terdiri dari leukosit dan makrofag itu tidak hanya melulu mendatangi kulit yang dilukai. Sistem imun akan ‘berpatroli’ di seluruh bagian tubuh.

Saat ‘berpatroli’ itulah yang menurut Zaidul membuat sistem imun lebih kuat. Jika ‘patroli’ lebih sering dilakukan maka berbagai jenis penyakit yang menjadi musuh ‘pasukan elite’ akan lebih mudah dideteksi dan dimusnahkan.

Zaidul yang juga pakar pengobatan herbal ini menambahkan, manfaat bekam sebagai penguat sistem imun akan lebih terasa jika dibarengi dengan melakukan puasa. Dalam Islam, dianjurkan melakukan puasa sunnah seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW, yakini puasa Senin Kamis dan puasa Ayyamul Bidh, yakni puasa tiga hari setiap tanggal 13,14, dan 15 bulan Hijriyah.

Puasa sunnah itu memiliki manfaat untuk mendetoksi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Zaidul menuturkan jika hal itu dikombinasikan dengan melakukan bekam pada salah satu dari tiga tanggal Hijriyah, 17, 19, atau 21, manfaatnya diyakini sangat dahsyat. Tubuh yang sudah dibersihkan dari racun dengan puasa ditambah dengan ‘patroli’ sistem imun menggunakan bekam akan membuat tubuh bersih dari racun dan virus penyakit.

Manfaat bekam dan puasa sunnah akan semakin luar biasa jika dihari-hari lain, kita membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat. Zaidul menyebut mengonsumsi buah, sayur dan aneka bahan herbal seperti rempah dan rimpang bisa membuat tubuh semakin sehat dan tahan dari serangan berbagai jenis penyakit.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila