Konsumsilah Gula secukupnya, Jangan Berlebih tapi Jangan Pula Kurang
berita

30 March 2020 06:00
Watyutink.com - Siapa sih, yang tidak suka rasa manis? Tidak hanya anak-anak, orang dewasa suka rasa manis.  Bagi sebagian orang  rasa manis adalah rasa favorit selain rasa gurih. Rasa manis umumnya didapat dari gula.

Tahukah Anda, mengkonsumsi gula berlebih memiliki dampak tidak baik bagi tubuh?

Gula pada dasarnya adalah karbohidrat yang diolah tubuh menjadi energi. Namun mengonsumsi gula  terlalu banyak justru dapat memberikan efek negatif bagi tubuh, seperti malnutrisi. Selain itu gula berlebih dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam pembuluh darah dan jaringan lemak yang berakibat meningkatnya gangguan jantung.

Akibat berikutnya yang bisa timbul akibat gula berlebih adalah risiko diabetes. Pasalnya karbohidrat dalam gula dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Selain itu mengkonsumsi gula berlebih beresiko mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Gula juga cenderung menyebabkan kerusakan gigi terutama jika kita malas membersihkan gigi.

Meski menimbulkan efek negatif tapi kita tetap disarankan mengkonsumsi gula. Namun yang terpenting adalah kontrol jumlahnya. Pastikan tidak berlebih dan selalu diimbangi dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup.(ysf)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila