Kuaci, Almound, Ubi, Dark Chocolate, dan Yogurt, Camilan Sehat Saat Dirumah Aja
berita
Camilan
08 April 2020 17:00
Watyutink.com – Demi mencegah penularan virus corona, pemerintah telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat berdiam di rumah. Beberapa aktivitas seperti, bekerja, belajar, dan beribadah sebaiknya dilakukan di rumah. Hal ini sebagai bagian dari upaya menjaga jarak atau physical distacing. Selain itu diam di rumah juga untuk memutus rantai penularan virus corona.

Namun saat berdiam diri di rumah, seringkali kita melupakan asupan makanan yang dikonsumsi. Berdiam diri di rumah cenderung membuat kita jadi suka makan, terutama makanan ringan atau camilan. Itulah sebabnya saat diam di rumah disarankan mengonsumsi makanan sehat, termasuk camilan.

Tahukah Anda, apa saja camilan sehat yang berguna cegah penularan virus corona?

Salah satu kunci menghindari penularan virus penyakit, temasuk corona adalah sistem imun atau kekebalan tubuh. Jika sistem imun kita kuat, tubuh akan bisa menangkal penularan penyakit. Itulah sebabnya penting bagi kita mengonsumsi camilan yang bisa memperkuat sistem imun.

Salah satu camilan sehat yang dianjurkan adalah kuaci. Makanan kecil yang sudah sangat populer ini tenyata tidak bisa dipandang remeh. Pasalnya kuaci yang terbuat dari biji bunga matahari dikenal kaya akan kandungan vitamin E. Selain itu kuaci bunga matahari kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit.  

Sama seperti kuaci, kacang almond adalah camilan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya kacang almound kaya akan kandungan vitamin E. Journal Science of Food and Agriculture menuliskan mengonsumsi 46 butir kacang almound kupas bisa memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin E harian. Selain itu kacang almond juga rendah lemak sehinga baik untuk kesehatan jantung.

Yogurt adalah camilan berikutnya yang bisa dijadikan alternatif selama berdiam di rumah. Pasalnya minuman berbahan dasar susu ini memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zink. Selain bisa melindungi jantung dan sistem saraf, yogurt juga bisa memperkuat sistem imun. Cukup dengan makan 400 gram yogurt per hari, tubuh akan mempunyai kekebalan yang cukup untuk melawan infeksi bakteri dan virus penyakit.

Ubi atau ketela adalah makanan berikutnya yang juga sangat dianjurkan. Makanan yang terkesan kampung ini ternyata khasiatnya tidak kampungan. Ubi diketahui mengandung beta-karoten atau senyawa nabati yang bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Itulah sebabnya ubi sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kadar darah, dan selaput lendir di lapisan usus. 

Jambu biji atau jambu kluthuk juga sangat dianjurkan dikonsumsi. Pasalnya buah ini kaya akan kandungan vitamin C. Tidak hanya ampuh menangkal radikal bebas, vitamin C pada jambu biji juga mampu mencegah bakteri dan virus berkembang dalam tubuh.  Asupan vitamin C yang cukup akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

Dark chocolate juga bisa menjadi camilan pilihan selama di rumah aja. Selain enak, chocolate juga mengandung antioksidan jenis theobromine yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat juga akan melindungi kita dari beragam penyakit.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila