Kunyit dan Jahe, Rempah Ampuh Hadapi Virus Corona
berita
Jahe dan Kunyit
04 March 2020 17:05
Watyutink.com – Merebaknya penularan virus corona membuat banyak orang berusaha menjaga kesehatan. Pasalnya bayak ahli kesehatan menyebut kondisi tubuh menjadi kunci agar tidak terserang virus corona. Sistem imun atau kekebalan tubuh harus selalu dijaga agar tubuh selalu terlindungi dari berbagai jenis penyakit.

Untuk bisa menjaga kondisi tubuh dan meningkatkan sistem imun, tidak harus menggunakan obat-obatan kimia. Pasalnya memperkuat sistem imun bisa memanfaatkan bahan alami atau herbal. Bahkan bahan-bahan herbal dirasa lebih baik lantaran terbebas dari campuran zat kimia. Selain itu bahan alami lebih mudah diperoleh, beberapa diantaranya bahkan sering digunaka sebagai bumbu dapur.

Tahukah Anda bahan alami apa yang baik untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit?

Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof. Dr Mangestuti Agil Apt MS, mengatakan mengonsumsi rempah-empah sangat baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Rempah-rempah atau orang Jawa menyebutnya empon-empon menurut Mangestuti menjad kuncu utama bagi manusia menangkal berbagai penyakit.

Salah satu empon-empon tersebut adalah kunyit yang dikenal kaya akan kandungan antioksidan. Mangestuti yang fokus mengkaji dan meneliti obat-obatan tradisional ini menyebut bahan alami akan lebih mudah menyatu dan diterima tubuh. Asalkan rutin dikonsumsi setidaknya tiga kali dalam seminggu, hasilnya pasti memuaskan. Mangestuti menyebut hal itu sudah menjadi hukum alam.

Jahe juga bermanfaat memperkuat sistem imun. Jika tidak kunyit, jahe juga bisa diolah menjadi minuman sehat. Selain itu, jahe juga memiliki kegunaan menguatkan kekebalan tubuh.

Selain mengonsumsi rempah-rempah sepeti kunyit atau jahe, Mangestuti juga menyarankan menjaga pola hidup yang sehat. Pola makan harus dijaga dan disertai rajin olah raga. Istirahat juga harus cukup untuk memberi kesempatan tubuh menggembalikan kebugarannya. Harus pula dijaga agar tidak terserang stres.

Senada dengan Mangestuti, Guru Besar Biologi Molekuler Uniar Surabaya, Prof Chaerul Anwar Nidom, menyatakan manfaat rempah-rempah menangkal virus corona sudah terbukti. Bahkan manfaat itu sudah diakui dunia. Itulah sebabnya Chaerul meminta rakyat Indonesia tidak khawatir secara berlebihan. Terlebih orang Indonsia sudah terbiasa mengonsumsi empon-empon dalam berbagai variasi, baik makanan maupun minuman.

Untuk memanfaatkan kunyit dan jahe menurut ahli pengobatan herbal dr Zaidul Akbar tidak sulit. Ambil kunyit dan jahe. Iris tipis-tipis kedua rempah tersebut, rebus dengan air hingga mendidih. Tambahkan pula lengkuas dan serai. Setelah keluar aromanya, angkat rebusan tersebut dan saring. Jika ingin mendapatkan rasa manis, blender air rebusan tersebut dengan kurma.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila