Kupang Lontong, Makanan Khas Jawa Timur yang Bisa Sehatkan Saraf, Jantung, Sistem Imun dan Cegah Anemia
berita
Sumber Foto : watyutink/yusuf
16 August 2021 16:00
Watyutink.com - Bagi para pencinta kuliner, khususnya makanan laut atau sea food mungkin sudah mengenal kupang. Makanan khas Jawa Timur ini biasa disajikan dengan kuah bumbu petis dan disantap bersama lontong. Seringkali kupang lontong juga dimakan dengan sate kerang dan lentho yang terbuat dari parutan kelapa dan kacang tolo.

Rasa kupang yang khas dengan aroma petis udang membuat nuansa makanan laut semakin terasa. Ditambah dengan rasa sate kerang yang lembut tapi nikmat, membuat kupang lontong menjadi sajian yang wajib dinikmati, terutama saat berkunjung ke kota-kota di Jawa Timur, seperti Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan sampai Jember.

Ternyata selain menggugah selera, kupang juga menyehatkan tubuh. Selayaknya hewan laut lainnya, kupang juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dalam kupang juga bisa menjaga organ vital tubuh berfungsi dengan baik.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kupang bagi kesehatan?

Kupang adalah hewan laut yang bentuknya mirip dengan kerang dengan kulit berwarna putih. Ukurannya sangat kecil, mungkin hanya sebesar sebutir beras. Meski hidup di pinggir pantai atau daerah lumpur air asin, namun hewan kupang hanya ditemukan di pantai utara Jawa Timur. Itulah sebabnya kupang dikenal sebagai makanan khas Jawa Timur.

Seperti layaknya hewan laut, kupang kaya akan kandungan nutrisi, terutama ptotein. Bagi tubuh, protein memiliki fungsi yang sangat penting karena berguna untuk pembentuk enzim, sel organ dan otot, serta hormon. Protein juga berguna untuk memperbaiki sel yang rusak, mengatur metabolisme tubuh pembentuk sistem kekebalan tubuh dan beragam manfaat lain yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Kupang juga kaya akan vitamin B12 yang dapat membantu sistem pencernaan. Vitamin B12 dalam kupang juga menjaga fungsi sistem syaraf dan membantu pembentukan sel tulang.

Kupang juga menjadi sumber asam lemak omega-3 dan omega-6. Kedua asam lemak tersebut berguna menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Asam lemak omega-3 dalam kupang mampu menurunkan kadar trigliserida yang berisiko memicu  berbagai masalah jantung seperti pengerasan pembuluh arteri dan serangan jantung. Itulah sebabnya mengonsumsi kupang baik untuk kesehatan jantung.

Asam lemak omega-3 dan omega-6 juga dapat meningkatkan kecerdasan otak, terutama jika kupang dikonsumsi anak-anak.

Para ahli gizi juga menyatakan kupang kaya akan kandungan zat besi yang merupakan komponen utama pembentukan sel-sel darah merah atau hemoglobin. Itulah sebabnya makan kupang berguna untuk mengurangi resiko penyakit darah rendah atau anemia.

Hemoglobin juga berguna membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Tanpa hemoglobin dalam darah, organ-organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik karena kurang oksigen.

Kupang dikenal sebagai salah satu sumber mineral selenium. Mineral ini adalah antioksidan yang sangat baik untuk menjaga tubuh dari paparan radikal bebas pemicu berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Namun kupang adalah hewan laun yang tinggi kadar purin. Itulah sebabnya orang dengan gangguan asam urat sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi kupang.

Sedangkan kerang yang selalu menjadi pendamping saat makan kupang juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Kerang dikenal kaya akan vitamin B Kompleks, terutama B12. Hal ini menyebabkan kerang sangat baik untuk menjaga fungsi saraf.  Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan kerusakan saraf hingga penurunan fungsi otak.

Kerang juga baik digunakan untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh. Hal ini lantaran kerang kaya akan kandungan zinc. Mineral ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari peradangan. Zinc juga bisa membantu proses penyembuhan luka.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF