Labu Siam, Sayuran Enak dan Sehat, Cegah Kanker, Hipertensi, Penyakit Jantung dan Kolesterol
berita
Labu Siam
28 June 2020 19:00
Watyutink.com - Siapa yang tak kenal labu siam. Sayuran yang satu ini sudah sangat populer lantaran kerap dijadikan masakan beraneka menu, seperti sayur lodeh, lontong sayur, tumis. Bahkan, labu siam juga sering dinikmati langsung dan dijadikan lalapan dengan cara direbus. 

Meski rasanya sudah banyak dikenal, namun  tidak banyak yang mengetahui manfaat sayur labu siam untuk kesehatan. Padahal sayur bernama latin sechium edule ini kaya akan kandungan nutrisi yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Tahukah Anda, apa saja manfaat labu siam bagi kesehatan? 

Sayur labu siam diketahui menyimpan beragam nutrisi, seperti serat, antioksidan, zat besi, mangan, fosdor, seng, potassium, tembaga, vitamin B1, B2, B6, dan C. Labu siam juga kaya akan kandungan folat, antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid. 

Hal ini menjadikan labu siam berguna sebagai penangkal berbagai jenis penyakit. Antioksidan dan vitamin C dalam labu siam mampu mencegah efek buruk radikal bebas, penyebab berbagai pengakit kronis, termasuk kanker. 

Sedangkan kandungan folat yang membantu pembentukan sel dan sintesis DNA. Selain itu, kandungan flavonoid dalam labu siam dapat membantu memerangi radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (SOR) di tubuh. Kedua zat tersebut berperan dalam  perkembangan kanker.

Sedankan kandungan vitamin C dalam labu siam juga membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas penyebab penuaan dini.

Labu siam juga berguna untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal. Sayuran ini dikenal mengandung sedikit kalori dan tidak mengandung lemak jenuh. Hal ini menjadikan labu siam berguna menjaga kolesterol tetap dalam batas normal.

Labu siam memiliki sifat diuretik ringan. Hal ini menjadikannya mampu mengontrol tekanan darah. Sehingga rutin mengonsumsi labu siam berguna mencegah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

Sedangkan kandungan zat besi dalam labu siam bermanfaat mengatasi penyakit anemia atau kekurangan darah. Pasalnya zat besi dapat membantu hemoglobin mengikat oksigen dalam darah. 

Labu siam sangat baik dikonsumsi wanita hamil. Kandungan folat atau vitamin B9 dalam labu siam mampu memenuhi kebutuhan nutrisi sang ibu selama kehamilan. Kekurangan folat saat hamil sangat berbahaya. Pasalnya bisa memicu bayi lahir cacat, gangguan jantung dan saraf,  malformasi ekstremitas, bahkan keguguran.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF