Lalap Kembang Turi, Cegah Penyakit Jantung, Stroke, Kerusakan Mata, dan Penuaan Dini
berita

10 June 2020 15:20
Watyutink.com - Pohon turi adalah tanaman yang banyak ditemui di kawaasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Itulah sebabnya pohon turi, terutama bunganya sering dijadikan bahan makanan. Biasanya bunga turi dijadikan lalapan sebagai campuran pecel atau dijadikan tumisan.

Namun banyak yang tidak mengetahui manfaat kembang turi. Padahal tumbuhan ini mengandung segudang khasiat untuk kesehatan.

Tahukah Anda apa saja manfaat kembang turi untuk kesehatan?

Pohon turi mempunyai nama latin sesbania grandiflora. Laman Health Benefit Times menyebut tanaman ini mengandung beragam nutrisi seperti folat, vitamin A, vitamin C, serta zat antioksidan. Itulah sebabnya mengonsumsi kembang turi bisa membawa manfaat bagi kesehatan.

Salah satunya sebagai obat sariawan. Pasalnya kembang turi kaya akan kandungan vitamin C yang terbukti efektif meredakan sariawan. Untuk mengobati sariawan caranya cukup mudah, ambil kembang turi secukupnya. Remas-remas lalu masukkan dalam air bersih. Gunakan air tersebut untuk berkumur.

Bisa juga dengan merebus kembang turi dengan air secukupnya. Minum rebusan air kembang turi itu secara rutin hingga sariawan sembuh.

Kembang turi juga berguna untuk menyehatkan jantung. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam kembang turi diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pasalnya kedua nutrisi itu dapat memperlambat pengerasan pembuluh darah. Sehingga hal ini dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan juga mampu menurunkan tekanan darah. Sehingga dapat menurunkan risiko penyakit kronis lainnya, seperti stroke.

Kembang turi juga berguna untuk kesehatan kulit. Kandungan ekstrak pada kembang turi dapat membantu menghilangkan atau menyamarkan kerutan pada permukaan wajah. Itulah sebabnya mengonsumsi kembang turi dapat memperlambat proses penuaan dini.

Kembang turi juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini lantaran kembang turi mengandung etanol yang bisa membuat luka, seperti memar, luka bakar dan bengkak sembuh lebih cepat

Cara memanfaatnya cukup mudah, remas-remas atau tumbuk kembang turi hingga halus. Tambahkan sedikit air dan oleskan pada kulit yang terluka.

Kembang turi juga berguna untuk mencegah efek buruk radikal bebas lantaran memiliki efek antimikroba. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi kembang turi dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Selain itu, kembang turi juga bisa memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh.

Kembang turi juga kaya akan kandungan vitamin A. Sehingga tanaman ini berguna untuk menjaga kesehatan mata. Untuk memperoleh manfaatnya, caranya cukup mudah. Rebus dua atau tiga kembang turi dengan air bersih. Setelah mendidih angkat dan biarkan menjadi hangat. Minum air rebusan itu secara rutin.

Bagi ibu hamil dan menyusui, kembang turi sangat baik mengonsumsi kembang turi. Pasalnya kandungan folat dalam kembang turi berguna mendukung kesehatan janin. Sebaliknya, kekurangam folat justru berpontesi mengganggu tumbuh kembang janin. Selain itu kembang turi juga berguna untuk melancarkan air susu ibu atau ASI.

Untuk mendapatkan manfaat kembang turi caranya sangat mudah. Kembang turi bisa diolah menjadi lalapan atau menjadi campuran pecel.


 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF