Lari, Renang, Sepeda, dan Senam, Olahraga Sederhana tapi Efektif Jaga Kesehatan
berita
Istimewa
20 July 2019 15:40
Watyutink.com – Kesadaran akan kesehatan saat ini sudah semakin luas. Hal ini tak lepas dari pola hidup sehat yang kini sudah menjadi gaya hidup, terutama generasi milenial. Selain menjaga pola makan, gaya hidup sehat juga ditambah dengan kebiasaan berolahraga.

Banyak orang yang kini menganggap olah raga sebagai sebuah kebutuhan. Sesibuk apa pun, tetap menyempatkan diri berolahraga. Tak heran jika beberapa saat terakhir tempat-tempat olahraga seperti gym atau lapangan futsal selalu ramai. Banyak orang yang berusaha ‘berkeringat.’

Untuk sehat, seseorang bisa berolahraga apa saja, yang penting bergerak dan berkeringat. Ternyata kita bisa memilih olah raga apa yang cocok untuk kita. Bagi orang yang tinggal di perkotaan, bisa memilih olahraga yang ringat tapi efektif menjaga kebugaran.

Tahukah Anda, apa saja olah raga yang terasa ringan tapi efektif menjaga kesehatan?

Olahraga pertama yang sangat disarankan adalah berlari. Inilah olahraga yang paling murah dan sederhana. Berlari tidak membutuhkan alat atau tempat khusus. Kita bisa berlari di lingkungan sekitar rumah. Meskipun terlihat sederhana tapi efek kesehatan yang ditimbulkan dari kebiasaan berlari sangat luar biasa.

Seseorang yang rutin berlari akan memiliki struktur tulang dan otot yang lebih baik daripada yang tidak pernah berlari. Tulang akan tumbuh lebih kuat untuk merespon tuntutan fisik. Berlari juga baik untuk menjaga kesehatan mental dan fisiologis. Selain itu, berlari juga dapat melepaskan endorfin yang menimbulkan perasaan senang dan berenergi.

Berikutnya olahraga yang efektif menjaga kebugaran adalah berenang. Olahraga air ini terbukti sangat efektif menjaga kesehatan jantung. Selain itu berenang juga dapat meningkatkan kapasistas paru-paru, membakar kalori, dan membangun otot. Berenang juga bisa menjaga berat badan serta mengurangi stres.

Salah satu keunikan olahraga ini adalah semua anggota tubuh ikut bergerak. Kaki, tangan, leher, kepala, dada, perut, semua bergerak selama kita berenang.

Olah raga selanjutnya adalah bersepeda. Ini adalah olahraga yang sangat mengasyikan. Pasalnya kita bisa berolahraga sambil berwisata. Bersepeda sangat efektif membakar kalori. Selain itu bersepeda juga membuat otak menjadi lebih kuat. Sebuah penelitian menyebutkan orang yang rutin bersepeda selama tiga bulan akan memiliki volume otak tiga tahun lebih muda daripada yang tidak pernah bersepeda.

Selain tiga olahraga tersebut, senam adalah kegiatan yang sangat baik untuk kesehatan. Senam akan menjadikan kita lebih fleksibel, kuat dan selalu dalam kondisi prima. Senam tidak hanya membuat fisik kita terjaga tetapi juga dapat meningkatkan konsentrasi, fokus, dan kesehatan mental. Jika dilakukan oleh anak-anak, senam dapat merangsang imajinasi dan membantu mereka dalam memecahkan masalah.

Selain empat olahraga tersebut, juga ada beberapa olah raga lain yang juga efektif menjaga kebugaran seperti tenis, basket, voli, futsal dan sebagainya. Namun empat  olahraga tersebut dianggap efektif karena mudah dan bisa dilakukan setiap saat.

Bagi kita, yang terpenting adalah rutin berolahraga. Selain itu, untuk menjaga kesehatan hindari pula kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman keras dan beralkohol.

Jadi sudahkah Anda berolahraga?

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar             GBHN Isu Elite Politik Saja             Kepentingan Politik Lebih Menonjol