Lindungi Diri dari Virus Corona dengan Wedang Kunyit, Lengkuas dan Kayu Secang
berita

06 April 2020 16:35
Watyutink.com – Merebaknya wabah virus corona membuat banyak orang berkreasi membuat obat penangkalnya. Tak terkecuali pada ahli atau peramu obat-obatan herbal. Seperti diketahui Indonesia adalah ‘gudangnnya’ ahli pengobatan herbal atau alami. Beragam jenis jamu tradisional sudah lama dikenal di Nusantara. Salah satu ramuan yang diyakini dapat melindungi tubuh dari paparan berbagai virus penyakit, termasuk corona adalah kunyit, lengkuas, dan kayu secang.

Tahukah Anda, mengapa kunyit, lengkuas, dan kayu secang bisa melindungi tubuh dari virus corona?

Kunyit dikenal sebagai rimpang atau rempah yang kaya akan manfaat kesehatan. Bersama jahe, kunyit adalah rempah atau empon-empon yang kerap dioleh sebagai jamu atau ramuan kesehatan. Pasalnya rempah yang juga disebut kunir ini kaya akan kandungan senyawa yang berguna untuk kesehatan yakni kurkumin. Selain itu kunyit juga mengandung, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resin, karbohidrat, lemak, protein, selulosa, vitamin C dan antioksidan. Kunyit juga mengandung mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalsium.

Sedangkan kayu secang juga dikenal kaya akan kandungan senyawa yang penting bagi tubuh, seperti brazilin, brasilein, alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, terpenoid, kardenolin, fenil propana, dan antrakinon. Selain itu secang juga menganding asam galat, delta-a phellandrene, oscimene, resin, resorsin, dan minyak atsiri. Kandungan zat yang khas dalam kayu secang adalah sappanchalcone dan caesalpin-P.

Tak beda dengan dua bahan hebal tersebut, lengkuas juga kaya akan kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Rempah yang oleh sebagian orang disebut Laos ini memiliki kandungan galangin, beta-sitosterol, quercetin, alpin, dan flavonoid lainnya yang baik untuk tubuh. Selain itu, rempah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, serat makanan, dan karbohidrat yang baik.

Tak heran jika kombinasi ketiga rempah tersebut memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Ahli kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan kunyit adalah rimpang yang sangat baik untuk menguatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Para ahli kesehatan yakin penguatan sistem imun adalah kunci utama tubuh dalam menghindari paparan atau penularan virus penyakit, termasuk corona atau Covid-19.

Itulah sebabnya sistem imun atau kekebalan tubuh wajib dijaga, terutama saat ada wabah penyakit seperti saat ini. Jika sistem imun kuat, tubuh akan selalu terlindungi dari berbagai jenis penyakit.

Untuk mengolah kunyit, lengkuas, dan kayu secang menjadi ramuan penguat sistem imun, caranya tidak terlalu sulit. Dokter Zaidul menyebut, ada tiga cara mengolahnya. Pertama dengan membuat wedang atau minuman hangat. Siapkan kunyit dan lengkuas masing-masing sebesar satu ibu jari orang dewasa. Siapkan pula lima atau tujuh lembar kayu secang dan sebuah jeruk nipis.

Iris tipis-tipis kunyit dan lengkuas. Seduh irisan kunyit, lengkuas dan secang dengan air panas. Biarkan dan minum saat sudah hangat. Tambahkan perasan jeruk nipis atau madu untuk menambah rasa.  

Cara kedua adalah dengan merebus irisan  kunyit, lengkuas, dan kayu secang dengan air putih. Setelah mendidih biarkan selama sekitar tiga menit lalu angkat. Tambahkan perasan jeruk nipis atau madu untuk menambah rasa. Minum secara rutin dua kali sehari dan dapatkan manfaat yang luar biasa.

Kunyit, lengkuas, dan kayu secang juga bisa diolah menjadi infused water. Caranya cukup dengan memasukkan irisan kunyit dan lengkuas serta kayu sedang dalam sebotol air. Biarkan, lalu minum seperti biasa secara rutin.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila