Lorjuk, Makanan Khas Madura yang Sehatkan Jantung, Tulang, Mata dan Cegah Anemia
berita
Sumber Foto : tribunnews.com
30 October 2021 14:00
Watyutink.com - Indonesia adalah negara maritim dan kepulauan dengan wilayah laut yang sangat luas. Sebagai salah satu negara dengan bentangan garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia dikaruniai Tuhan YME  hasil laut yang sangat banyak, diantaranya adalah hewan laut berupa ikan, udang, kerang dan sebagianya.

Beberapa hewan laut tersebut ternyata adalah pula bahan pangan yang mempunyai kandungan gizi sangat baik untuk kesehatan. Meski banyak yang sudah dikenal, beberapa hewan laut itu ada yang hanya dikenal di beberapa daerah saja. Hal ini lantaran hewan laut itu hanya bisa hidup di lingkungan tertentu saja.

Salah satunya adalah lorjuk. Hewan laut sejenis kerang ini hanya ada Pulau Madura, Jawa Timur. Itulah sebabnya untuk bisa menikmati lorjuk, kita harus berkunjung ke Madura atau kota-kota di Jawa Timur.

Ternyata selain nikmat disantap, lorjuk juga baik untuk kesehatan. Seperti hewan laut pada umumnya, lorjuk kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi kebugaran tubuh.

Tahukah Anda apa manfaat lorjuk bagi kesehatan?

Lorjuk adalah hewan laut seperti kerang yang hanya ditemukan di pantai-pantai di Pulau Madura. Hewan laut ini berukuran kecil hanya sekitar 3 sentimeter berbentuk pipih memanjang.

Nelayan harus menunggu air laut surut untuk bisa mendapatkan kerang lorjuk. Pasalnya lorjuk kerap bersembunyi di tanah pantai yang berlumpur. Sehingga nelayan harus menggali terlebih dahulu untuk mendapatkan lorjuk. Cara lain yang untuk mendapatkan lorjuk adalah menggunakan garam atau batu gamping yang membuat kerang kecil ini dengan sendirinya muncul ke permukaan.

Seperti juga hewan laut lainnya, lorjuk juga kaya akan kandungan gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, kolesterol dan kalori. Selain itu juga ada kandungan mineral seperti kalium, sodium, kalsium, dan zat besi. Kerang lorjuk juga memiliki kandungan vitamin A dan B12.

Kandungan nutrisi beragam itulah yang menjadikan mengonsumsi lorjuk bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengatasi anemia atau kurang gizi. Zat besi yang banyak dikandung kerang lorjuk dapat membantu pembentukan hemoglobin yang bertugas  membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Semakin banyak asupan zat besi maka hemoglobin dalam tubuh akan selalu terjaga kecukupannya.

Lorjuk juga bisa menjaga kesehatan jantung. Pasalnya kandungan asam lemak omega-3 dalam kerang lorjuk mampu menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Kadar trigliserida yang tinggi berisiko menyebabkan berbagai masalah jantung seperti pengerasan pembuluh arteri dan serangan jantung.

Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi lorjuk pun bisa membahayakan jantung. Pasalnya kerang memiliki kadar kolesterol tinggi yang tidak baik bagi jantung.

Sedangkan protein dalam lorjuk berguna untuk membentuk dan merawat otot. Hal ini menghindarkan tubuh dari kerusakan jaringan atau sel. Buat Anda yang sering mengalami nyeri otot tidak ada salahnya mengkonsumsi lorjuk. Terlebih protein dalam kerang dipercaya lebih sehat dari daging sapi atau ayam karena kandungan lemak dan kalorinya lebih rendah.

Lorjuk juga berguna menjaga fungsi sistem saraf lantaran mengandung vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 berisiko  menyebabkan kerusakan saraf hingga penurunan fungsi otak.

Kandungan vitamin A dalam lorjuk diyakini mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu vitamin A juga mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Itulah sebabnya lorjuk berguna menangkal serangan virus penyebab berbagai penyakit.

Lorjuk juga berguna untuk kesehatan tulang lantaran memiliki kandungan kalsium. Mineral ini diyakini bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang sehat dan kuat. Kalsium juga dapat membantu fungsi saraf dan otot serta proses pembekuan darah.

Namun perlu diingat, terkadang mengonsumsi lorjuk bisa menyebabkan gangguan kesehatan, terutama bagi orang yang memiliki alergi terhadap makanan laut. Memakan lorjuk dan hewan laut lainnya bisa berakibat kulit gatal, ruam, dan biduran.

Alergi juga bisa berakibat mual, muntah, diare, sulit bernapas, atau pembengkakan. Jika muncul gejala seperti itu segera hentikan makan kerang dan minum obat alergi. Sangat dianjurkan mengonsumsi lorjuk dalam porsi wajar dan tidak berlebihan. Hal ini guna menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF