Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan, Lemon atau Jeruk Nipis?
berita
Sumberfoto: istimewa
22 June 2021 16:15
Watyutink.com – Selama ini terdapat dua jenis jeruk yang sering digunakan sebagai bahan atau campuran membuat obat herbal atau alami. Keduanya adalah jeruk nipis dan lemon. Selain untuk obat herbal, jeruk nipis dan lemon kerap pula digunakan untuk campuran menu masakan. 

Beberapa orang bahkan menganggap lemon dan jeruk nipis adalah sama. Padahal lemon dan jeruk nipis berbeda, meskipun kandungan gizi dan manfaat yang terkandung menjadikan keduanya sama-sama bermanfaat bagi kesehatan. Namun tetap saja muncul pertanyaan mana diantara lemon dan jeruk nipis yang lebih baik dikonsumsi.

Tahukah Anda, mana diantara lemon dan jeruk nipis yang lebih baik dikonsumsi untuk kesehatan?

Lemon dan jeruk nipis sejatinya berasal dari keluarga yang sama, yakni jeruk. Dari segi bentuk, kedua buah ini mirip. Bedanya lemon memiliki kulit yang cenderung berwarna kunig terang, sedangkan jeruk nipis hijau. Kandungan nutrisi di dalamnya juga tidak jauh berbeda. Keduanya memiliki kandungan Air,  Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, Tiamin (vitamin B1), Riboflavib (vitamin B2), Niacin (vitamin B3) dan Vitamin C. Lemon dan jeruk nipis juga mengandung Kalsium , Fosfor, Zat besi, dan Energi.

Perbedaanya hanya pada kadarnya saja. Lemon mempunya kadar vitamin C yang lebih sedikit, yakni 39 miligram per 100 gram. Sedangkan jeruk nipis memiliki kadar vitamin C sebanyak 93 miligram per 100 gram. Demikian pula dengan kandungan kalsium dan fosfor. Lemon hanya memiliki masing-masing 70 dan 10 miligram per 100 gram. Sedangkan jeruk nipis 90 dan 20 miligram per 100 gram.

Itulah sebabnya jeruk nipis lebih baik jika digunakan untuk memperkuat gigi dan tulang. Pasalnya kalsium dan fosfor adalah mineral yang berguna untuk kesehatan tulang dan gigi. Asupan kalsium yang cukup akan mencegah tubuh dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Sedangkan Vitamin C berguna untuk meningkatkan daya tahun tubuh dan metabolisme. Vitamin C juga membantu penurunan berat badan dan pembakaran lemak. Itulah sebabnya mengonsumsi jeruk nipis berguna untuk mencegah obesitas atau berat badan berlebih.

Dalam hal kandungan zat besi, lemon lebih unggul dengan 2,3 miligram per 100 gram. Sedangkan jeruk nipis hanya 0,3 miligram per 100 gram. Hal ini menyebabkan lemon lebih baik digunakan untuk membantu mengatasi gejala anemin atau kurang darah. Zat besi atau zinc adalah mineral yang sangat penting dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah.

Hemoglobin berfungsi membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.  Itulah sebabnya ketercukupan zat besi sangat berpengaruh pada stamina tubuh. Jika cukup zat besi, tubuh akan lebih berenergi yang penting untuk aktivitas sehari-hari. Zat besi juga bermanfaat menjaga kesehatan sel-sel tubuh, kuku, rambut, dan kulit.

Dalam buku berjudul “Substansi Nutrasetikal: Sumber dan Manfaat Kesehatan karya Dr. Ir, Nengah Kencana Putra M.S. disebutkan lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid yang berguna mencegah penyakit kanker.

Beberapa hal tersebut menunjukkan antara lemon dan jeruk nipis sama-sama baik untuk kesehatan. Kita hanya perlu menyesuaiakan dengan manfaat yang diperlukan. Jika membutuhkan asupan vitamin C yang lebih banyak, jeruk nipis menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan jika membutuhkan kandungan zat besi yang lebih banyak, kita sebaiknya memilih lemon.

Layak pula dipertimbangkan tingkat keasaman yang dihasilkan. Air perasan jeruk nipis cenderung lebih asam dibanding lemon. Jika Anda memiliki masalah dengan lambung yang sensitif dengan rasa asam, sebaiknya mengonsumsi lemon.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF