Mandi Malam, Kesegaran yang Memicu Penyakit
berita

16 December 2018 18:00
Watyutink.com - Saat pulang kerja atau beraktivitas, kebanyakan orang langsung mandi. Selain untuk membersihkan tubuh, mandi selepas beraktivitas dapat mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh. 

Tapi tahukah Anda, mandi saat malam hari ternyata tidak baik bagi tubuh kita? 

Berbagai kesibukan kadang membuat kita pulang saat hari sudah malam bahkan larut malam. Keinginan untuk memberiskan dan menyeharkan tubuh membuat kita memilih untuk mandi meskipun hari sudah malam. 

Para pakar kesehatan menyebutkan kebiasaan mandi terlalu malam ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya menyebabkan masalah pada pernafasan seperti batuk, paru-paru basah dan masalah pernafasan lainnya.

Kerap mandi malam juga dapat menyebabkan nyeri pada persendian dan meningkatkan resiko asam urat, terutama jika menggunakan air dingin. Selain itu mandi malam juga memicu demam. Pasalnya mandi malam dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga lebih rentan terkena virus. 

Mandi malam hari juga bisa memicu gangguan metabolisme tubuh. Akibatnya proses metabolisme lemak jadi tidak lancar. Sehingga menyebabkan penuaan dini dan kulit keriput.

Jadi sebaiknya jangan biasakan mandi malam hari.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

FOLLOW US

Tim Teknis Bikin Boros Anggaran Saja             Presiden dan Kapolri Perlu Ambil Sikap Tegas             Fungsi Hutan Tidak Hanya dari Aspek Ekonomi              Kodim Lakukan Pendekatan Pembinaan Teriorial Bukan Pendekatan Operasi Tempur             Lingkungan Baik Ciptakan Anak Sehat             Anak Memiliki Bakat dan Kecerdasan yang Berbeda             Indonesia Bakal Menuai Musibah Electronic Sports             Pemekaran Kodim vis a vis Visi Pertahanan Negara Poros Maritim Dunia             Menggugat Peran Keluarga  Dalam Perlindungan Anak             Anak, Tanggung Jawab Bersama