Manfaat Daun Sirih Merah, Obati Asam Urat, Jantung Koroner, Masalah Pernafasan, Gigi dan Mulut
berita
Daun Sirih Merah
23 July 2020 16:50
Watyutink.com – Selama ini orang sangat mengenal manfaat daun sirih. Tanaman ini sudah kerap digunakan sebagai obat untuk berbagai gangguan kesehatan. Itulah sebabnya tanaman sirih banyak ditanam dan dibudidayakan. Banyak orang menanam daun sirih di halaman rumah sehingga bisa dengan mudah mengambil dan mengolahnya menjadi obat jika diperlukan.

Namun kebanyakan orang mengenal daun sirin berwarna hijau. Padahal ada pula daun sirih yang berwarna merah. Itulah sebabnya tanaman ini dikenal dengan sebutan sirih merah, Hal ini untuk membedakan dengan sirih hijau.

Sama seperti ‘saudaranya’ yang berwarna hijau, sirih merah juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Pasalnya sirih merah banyak mengandung zat atau senyawa kimia yang berguna untuk dijadikan obat tradisional.

Tahukah Anda, apa saja manfaat sirih merah untuk kesehatan?

Daun sirih merah sejatinya tidak berbeda dengan sirih hijau. Keduanya tumbuh merambat dengan daun berbentuk menyerupai hati. Bedanya, sirih merah memiliki batang berbentuk bulat berwarna agak keunguan. Jika daun sirih hijau berwarna hijau terang, sirih merah berwarna hijau tua dengan tulang daun berwarna merah. Bagian bawah daun berwana merah agak keunguan.  

Daun sirih merah dikenal sebagai bahan pembuat obat-obatan tradisional. Hal ini tak lepas dari kandungan berbagai senyawa yang sangat baik untuk kesehatan. Senyawa tersebut antara lain flavonoid, alkaloid, tannin, senyawa polifenolat, dan minyak atsiri.

Salah satu manfaat daun sirih merah adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan minyak astiri, alkanoid, flavonoid dan fenolik diketahui berguna untuk mengobati karies gigi. Selain itu sirih merah mempunyai fungsi sebagai antiseptik, antimikroba, dan antikosidan. Itulah sebabnya sirih merah sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut serta membunuh bakteri di dalam mulut. Sedangkan kandungan eugenol dan capitol dalam daun sirih merah berguna untuk mengatasi bau mulut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, ambil beberapa lembar daun sirih merah, cuci bersih. Selanjutnya rebus dengan dengan air hingga mendidih. Gunakan air rebusan daun sirih merah untuk berkumur. Lakukan secara rutin setidaknya tiga kali sehari.

Air rebusan daun sirih merah juga bisa diminum dan bermanfaat menghilangkan bau badan. Kandungan estradiol dan klaikula dalam daun sirih merah berguna unutk mengatur produksi hormon kelenjar keringat dalam tubuh. Sehingga bau yang tidak sedap disebabkan oleh keringat bisa teratasi.

 Daun sirih merah juga bermanfaat sebagai obat batuk. Sifat antiseptik dalam daun sirih merah bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab batuk. Caranya ambil lima lembar daun sirih merah, cuci hingga bersih. Rebus dengan 300 mililiter air. Setelah mendidih angkat dan minum selagi hangat. Air rebusan daun sirih merah juga bisa digunakan untuk mengobati sakit perut. Cara membuat ramuannya sama dengan untuk obat batuk dan bronkitis.

Selain itu ramuan daun sirih merah juga bermanfaat mengobati masalah pernafasan lainnya, salah satunya pneumonia. Caranya sangat mudah, ambil lima hingga tujuh lembah daun sirih merah, cuci hingga bersih. Rebus dengan air hingga mendidih. Setelah matang, biarkan sejenak dan minum selagi hangat. Lakukan secara rutin.

Daun sirih merah juga mampu mengobati keluhan akibat penyakit asam urat. Rutin mengonsumsi air rebsan mampu meluruhkan kristal dalam tubuh pemicu nyeri dan sakit dipersendian. Caranya, ambil tujuh lembar daun sirih merah, cuci hingga bersih. Rebus dengan 300 mililiter air hingga mendidih. Minum air rebusan daun sirih merah tiga kali sehari.

Air rebusan daun sirih merah juga bermanfaat mengobati penyakit jantung koroner. Ambil lima hingga tujuh daun sirih merah, cuci hingga bersih. Campur dengan cabai, bawang merah dan jintan lalu haluskan. Seduh ramuan tersebut dengan air panas, lalu diamkan sejenak hingga mengendap. Minum bagian beningnya secara teratur.

Jika anda terserang gatal akibat alergi atau gigitan serangga, daun sirih merah bisa menjadi obat alternatif. Rebus 20 hingga 30 lembar daun sirih merah hingga mendidih. Setelah hangat, gunakan air rebusan tersebut untuk mandi. Rasa gatal di kulit akan berangsur reda.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila