Manfaat Dibalik Segarnya Daun Mint, Sembuhkan Hipertensi, Gatal Alergi dan Perut Kembung
berita
Daun Mint
17 April 2020 18:30
Watyutink.com - Orang Indonesia memang suka daun-daunan. Bukan hanya untuk memperindah rumah atau halaman, daun-daunan itu juga banyak yang dijadikan bahan makakan.

Orang Sunda menyebutnya Lalapan, orang Jawa mengenalnya sebagai Kulupan. Aneka jenis dedaunan tersebut biasanya disajikan sebagai pendamping beraneka lauk dan sambal.

Salah satu daun yang kerap dijadikan lalapan adalah daun mint. Selain bisa menambah selera makan, daun mint juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Pasalnya daun mint  memiliki kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun mint bagi kesehatan?

Daun mint adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga Mentha. Setidaknya tanaman dalam keluarga ini terdapat 15 hingga 20 spesies, termasuk di dalamnya peppermint dan spearmint. Daun minta biasanya diolah sebagai campuran anek produk, seperti permen, pasta gigi dan sebagainya.

Daun mint dikenal kaya akan kandungan antioksidan. Selain itu daun mint juga bermanfaat bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pasalnya daun mint bisa mengurangi asupan natrium berlebihan dalam darah. Mengonsumsi daun mint diyakini membuat tekanan darah menjadi stabil dan normal.

Daun mint juga memiliki sifat anti inflamasi. Pasalnya daun ini memiliki kandungan zat asam rosmarinik yang bermanfaat meredakan gatal-gatal akibat alergi. Caranya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun mint. Gosokkan di area kulit yang gatal akibat alergi. Lakukan hingga gatalnya reda.

Bagi ibu yang sedang menyusui daun mint sangat membantu mengatasi luka di puting. Biasanya luka tersebut terjadi saat sedang menyusui bayi atau anak berusia di bawah tiga tahun (batita). Tak jarang luka di puting menimbulkan rasa perih dan trauma.

Untuk mengobati luka di puting caranya, rebus daun peppermint hingga mendidih. Setelah hangat, oleskan air rebusan daun peppermint ke area yang luka dan sakit.

Daun mint juga bisa menjadi obat yang membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung. Daun mint diyakini dapat meningkatkan sekresi empedu. Selain itu juga bermanfaat mendorong aliran empedu guna mempercepat dan memperlancar pencernaan.

Untuk mengatasi masalah perut kembung caranya, seduh beberapa lembar daun peppermint. Bisa juga sebagai campuran teh. Minum air rebusan atau teh daun peppermint selagi hangat. Perut kembung akan berangsur sembuh.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila