Manfaat Jeruk Kingkit yang Jarang Diketahui, Obati Diabetes, Batuk, Diare, dan Penyakit Kulit
berita
Jeruk Kingkit
22 July 2020 15:33
Watyutink.com – Selama ini banyak orang mengenal jeruk kingkit hanyalah sebagai tanaman perdu. Itulah sebabnya tanaman ini hanya digunakan untuk penghiasa taman atau halaman. Buahnya yang hanya berukuran kecil tak lebih digunakan sebagai mainan bagi anak-anak. Biasanya buah jeruk kingkit akan dipecahkan dan dioleskan ke kukunya agar menjadi bersinar atau glowing.

Ternyata buah jeruk kingkit tidak hanya sekadar tanaman penghias halaman. Pasalnya jeruk kingkit mengandung banyak senyawa kimia yang berguna bagi kesehatan. Itulah sebabnya jeruk kingkit bisa dimanfaatkan sebagai obat berbagai jenis penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat jeruk kingkit?

Jeruk kingkit atau lime berry mempunyai nama latin triphasia trifolia. Tanaman ini masih bersaudara dengan jeruk sitrus. Orang Jawa menyebutnya Jeruk Kikit, orang Sunda menyebutnya Jeruk Kingkip atau Kalijage, orang Melayu menyebutnya Jeruk Ranti atau Limau Kiah.

Tanaman jeruk kingkit bisa tumbuh hingga ketinggian tiga meter. Daunnya berjari tiga dan berwarna hijau mengkikap. Bunganya berwarna putih berjumlah tiga dengan panjang 10 hingga 13 milimeter. Sedangkan buahnya berwarna merah dengan diameter hingga 1,5 sentimeter.

Para ahli kesehatan mengatakan jeruk kingkit memliki kandungan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa tersebut antara lain, linalool, tripasol, methyl, umbeliferone, coumarins, dan dhyroxybutyloxy. Beragam kandungan itulah yang menjadikan jeruk kingkit bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya sebagai obat batuk berdahak. Jeruk kingkit diyakini dapat membantu mengeluarkan dahak yang kerap menyebabkan batuk.

Caranya, ambil segenggam jeruk kingkit yang sudah matang dan berwarna merah. Cuci bersih lalu seduh dengan segelan air panas. Diamkan lima hingga 10 menit. Selanjutnya minum air seduhan jeruk kingkit itu. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa.

Jeruk kingkit juga ampuh digunakan untuk mengobati sakit perut dan masalah pencernaan lainnya, seperti mual, mulas, diare, dan sembelit. Caranya, ambil kurang lebih tujuh lembar daun jeruk kingkit yang masih segar. Cuci bersih lalu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Lalu angkat dan saring. Minum air rebusan daun jeruk kingkit tiga kali sehari.

Jeruk kingkit juga bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes atau kencing manis. Pasalnya kandungan senyawa dalam buah jeruk kingkit dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan satu genggam daun jeruk kingkit. Selain itu ambil tujuh butir buah jeruk kingkit. Cuci keduanya hingga benar-benar bersih. Rebus dengan empat gelas ait hingga mendidih dan tersisa dua gelas. Minum air rebusan itu dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

Air seduhan jeruk kingkit juga mampu mengatasi masalah kulit, seperti gatal-gatal atau penyakit akibat jamur, seperti panu, kadas, dan kurap. Pasalnya  buah jeruk kingkit mengandung senyawa linalool yang mampu mengatasi masalh kulit. Linalool adalah sejenis alkohol alami yang berfungsi sebagai anti jamur.

Untuk mendapatkan manfaatnya, ambil segenggam jeruk kingkit yang sudah matang. Cuci bersih blender dan dibuat menjadi jus. Minum jus jeruk kingkit secara rutin sekali sehari. Lakukan hingga penyakit kulit sembuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila