Manfaat Luar Biasa Daun Salam, Cegah Hipertensi, Diabetes, Asam Urat, dan Katarak
berita

03 August 2021 16:45
Watyutink.com - Beragam bahan herbal yang ada di sekitar kita bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain sebagai obat, bahan-bahan herbal juga bisa menjadi 'suplemen' yang membantu melindungi tubuh dari berbagai gangguan kesehatan.

Hal inilah yang bisa menepis anggapan untuk menjadi sehat diperlukan biaya mahal. Pada edisi lalu, sudah dibahas tentang jeruk nipis sebagai bahan herbal yang berguna menjaga kebugaran tubuh. Kali ini watyutink.com kembali menampilkan bahan herbal yang berguna untuk kesehatan. Bahan herbal itu adalah daun salam.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun salam untuk kesehatan?

Bagi Anda yang gemar atau sering memasak pasti tidak asing lagi dengan daun salam. Aromanya yang khas banyak digunakan untuk menyedapkan makanan. Ternyata manfaat daun salam bukan hanya untuk masakan. Daun salam juga sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat tersebut tak lepas dari banyaknya kandungan nutrisi dalam daun salam, seperti kalori, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol dan serat. Daun salam juga mengandung folat, naicin, pyridoxine, riboflavin, kalsium, potasium, magnesium, zat besi, sodium, fosfor, dan zinc. Sedangkan vitamin yang terkandung dalam daun salam adalah vitamin A dan C.

Itulah sebabnya daun salam diyakini sangat baik untuk menjaga kesehatan, salah satunya menjaga tubuh dari penyakit  hipertensi atau daah tinggi. Meminum rebusan air daun salam diyakini membuat tekanan darah menjadi lebih baik.

Air rebusan daun salam juga berguna untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai kerusakan seperti katarak, degeneratif makula dan mata minus. Selain itu daun salam juga bisa menyehatkan jantung, hati dan ginjal. Kelebihan kadar kolesterol dalam tubuh yang dapat memicu gangguan ketiga organ penting itu bisa diturunkan dengan rutin meminum rebusan air daun salam.

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan asam urat tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi rebusan air daun salah. Sebab rebusan daun dalam ini bisa menurunkan kadar asam urat yang menumpuk di persendian tubuh.

Namun selain manfaatnya, perlu diwaspadai pula efek samping dari daun salam. Bagi penderita diabetes, penggunaan daun salam akan membuat sulit mengontrol kadar gula darah.

Bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya hentikan dulu mengkonsumsi daun salam. Pasalnya hingga saat ini, belum ada informasi yang akurat tentang takaran penggunaan daun salam untuk ibu hamil dan menyusui.

Selain itu bagi Anda yang akan menjalani prose bedah, sebaiknya hentikan mengkonsumsi daun salam. Sebab dapat memperlambat kinerja sistem saraf pusat. Dikhawatirkan efek ini menjadi makin jelas ketika dikombinasikan dengan obat-obatan anestesi pada saat menjalani pembedahan dan setelahnya.

Perlu diingat, daun salam tidak dapat dikunyah atau dikonsumsi langsung. Struktur dasar dari daun salam membuatnya tidak dapat dicerna meskipun sudah dikunyah. Sehingga saat di dalam perut, keadaannya akan tetap utuh meski sudah melewati sistem pencernaan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF