Manfaat Luar Biasa Mandi Sebelum Subuh, Cegah Hipertensi, Diabetes, dan Masalah Kesuburan Pria
berita
Sumber Foto : klikdokter.com
17 April 2021 16:48
Watyutink.com - Pada bulan Ramadhan seperti saat ini umat Islam dipastikan bangun lebih awal. Jika dibulan lain umat Islam bangun tidur beberapa saat menjelang subuh, kini bisa jadi beberapa jam sebelumnya sudah terjaga bahkan beraktivitas. 

Umat Islam memang dianjurkan memperbanyak qiyamul lail atau beribadah malam hari saat bulan Ramadhan. Bisa dengan membaca Al Qur'an, berdzikir, sholat malam dan ibadah lainnya. Kegiatan tersebut diakhiri dengan makan sahur sebelum memulai melaksanakan ibadah puasa. 

Ternyata ada satu kegiatan yang juga dianjurkan saat sebelum subuh, yakni mandi. Para ahli kesehatan meyakini mandi sebelum subuh, terutama menggunakan air dingin mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. 

Tahukah Anda apa saja manfaat mandi sebelum subuh bagi kesehatan?

Mandi adalah kegiatan yang sudah biasa dilakukan. Hampir semua orang, terutama masyarakat Indonesia, biasa mengawali aktivitas dengan mandi. Sebelum bekerja, sekolah atau beribadah. Bahkan bagi umat Islam dalam beberapa kondisi, diharuskan atau diwajibkan mandi. 

Biasanya orang mandi di pagi hari setelah matahari terbit. Tidak banyak orang yang mandi sebelum matahari terbit, kecuali mereka yang benar-benar membutuhkannya karena harus berangkat kerja pagi-pagi betul.  Mereka terpaksa mandi sebelum waktu subuh tiba. 

Sejatinya mandi sebelum subuh bisa dilakukan siapa saja, tidak harus orang yang berangkat kerja pagi-pagi buta. Bahkan orang yang sedang libur pun dianjurkan mandi sebelum subuh. 

Para ahli menyebut mandi sebelum subuh banyak manfaatnya, salah satunya  untuk meredakan stres. Mandi sebelum subuh dapat menstimulasi titik biru pada bagian otak. Bagian ini adalah sumber utama noradrenaline yang dapat membantu mengurangi perasaan stres dan depresi secara kimiawi.

Manfaat mandi sebelum subuh juga membantu merangsang pelepasan hormon endorphin. Hormon ini bekerja melawan stres dan menghasilkan zat serotonin yang dapat membantu meredakan perasaan stres dan depresi.

Mandi sebelum subuh juga membantu mencegah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Mandi sebelum subuh bisa menjadi terapi bagi penderita hipertensi, terutama menggunakan air dingin. Pasalnya mandi sebelum subuh dapat menekan gejala varises dan pengerasan pembuluh darah. Sehingga, memudahkan organ-organ tubuh dalam menerima suplai oksigen dan nutrisi sesuai kebutuhan.

Bagi pria, mandi sebelum subuh sangat dianjurkan. Pasalnya bisa membantu mengatasi masalah kesuburan. Penelitian yang dilakukan University of California menyebutkan mandi sebelum subuh selama satu pekan dapat membantu meningkatkan produksi sperma laki-laki secara signifikan.

Namun manfaat itu baru bisa dicapai jika mandi menggunakan air dingin. Jika mandi dengan air hangat, dampak yang akan terjadi adalah sebaliknya. Mandi dengan air dingin dapat memicu produksi testosteron, yaitu hormon pria yang bertanggung jawab untuk dorongan seksual.

Mandi sebelum subuh juga berguna  menurunkan kadar gula darah. Itulah sebabnya kegiatan ini bisa menjadi terapi bagi penderita penyakit kencing manis atau diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa mandi sebelum subuh dapat membantu proses detoksifikasi yang berguna menyeimbangkan kadar gula darah

Mandi sebelum subuh juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Rutin mandi sebelum subuh dapat membuat tubuh, termasuk bagian kulit menjadi lebih segar. Selain itu, mandi sebelum subuh juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, halus dan sehat.

Mandi sebelum subuh dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini lantaran air dingin yang digunakan mandi memiliki sifat menyejukkan dan menyegarkan. Sehingga, dapat meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF