Manfaat Tak Terduga Daun Sirsak, Sembuhkan Hipertensi, TBC, Cegah Kanker dan Kista
berita
Ramuan Daun Sirsak
25 February 2020 18:00
Watyutink.com - Buah sirsak tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagaian besar orang. Buah berasa asam ini biasanya diolah menjadi jus yang segar.

Ternyata selain buahnya, daun sirsak juga bisa dikonsumsi. Bahkan daun sirsak dipercaya bisa menjadi obat bagi beberapa jenis penyakit. Itulah sebabnya daun sirsak diyakini bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun sirsak

Daun sirsak selama ini sering dimanfaatkan sebagai obat penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini lantaran daun sirsak memiliki kandungan acetogenin.

Senyawa aktif actogenin juga mampu menghambat pertumbuhan adenosina trifosfat (ATP) yang merupakan unsur penting pertumbuhan sel kanker. Itulah sebabnya daun sirsak sangat baik digunakan untuk mencegah penyakit kanker

Selain itu daun sirsak juga memiliki kandungan ekstrak graviola yang dapat menghambat perkembangan kanker, terutama pankreas, prostat, paru-paru, dan payudara.

Ramuan daun sirsak juga ampuh untuk mengobati penyakit tubercolusis atau TBC. Penyakit yang menyerang organ pernafasan ini biasanya menular melalui udara yang mengandung kuman mycobacterium. Itulah sebabnya TBC bisa dengan mudah menular dari orang ke orang lain.

Daun sirsak dipercaya mampu mengobati penyakit TBC. Rutin mengonsumsi ramuan daun sirsak dapat membantu membunuh bakteri penyebab TBC.

Namun untuk mendapatkan hasil maksimal juga perlu diimbangi dengan obat dokter selama enam bulan.

Daun sirsak juga bisa mengatasi keluhan akibat asam urat dan rematik. Pasalnya kandungan acetigenin juga baik untuk mengatasi nyeri akibat rematik dan asam urat. Selain itu, daun sirsak juga dapat membantu mengatasi dsn meredakan nyeri yang lain, seperti saraf, sendi, dan otot.

Daun sirsak juga dapat menyembuhkan tumor dan kista. Kandungan antioksidan dalam daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, dan parasit. Antioksidan dalam daun sirsak juga berfungsi sebagai antitumor dan antikanker.

Penggunaan daun sirsak terutama untuk mengatasi kista ovarium atau tumor jinak pada wanita.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak cukul mudah. Ambil kira-kira10 lembar daun sirsak rebus dengan tiga gelas air. Setelah mendidih diamkan dan minum selagi hangat. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa. Lakukan rutin dua kali sehari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila