Manfaat Tanaman Pecut Kuda yang Tak Banyak Diketahui, Sembuhkan Hepatitis, Batuk, Rematik, dan Keputihan
berita
Tanaman Pecut Kuda
05 May 2020 18:15
Watyutink.com - Banyak diantara kita yang tidak tahu tanaman pecut kuda. Pasalnya tanaman ini lebih sering hidup di antar rerumputan dibandingkan dipelihara sebagai tanaman hias. Tanaman pecut kuda kerap dianggap tanaman yang tak ada gunanya.

Padahal tanaman ini banyak memiliki manfaat. Pasalnya pecut kuda kaya akan kandungan senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Itulah sebabnya tanaman ini bisa diolah menjadi obat untuk beragam penyakit.

Tahukah Anda apa saja manfaat tanaman pecut kuda?

Tanaman pecut kuda sebetulnya mudah dikenali meski tumbuh secara liar. Tanaman dengan nama latin verbena indica ini mempunyai bunga berwarna ungu kebiruan. Daunnya berwarna hijau gelap dan bertekstur berkerut mirip kulit jeruk. Pecut kuda bisa tumbuh hingga mencapai tinggi tiga meter. Dibeberapa daerah tanaman ini juga bernama sekar laru, karomenal, biron, dan jarong. Dalam bahasa Inggris, tanaman ini disebut snakeweed.

Tanaman pecut kuda diketahui mengandung senyawa kimia seperti glikosida, alkaloid, dan flavonoida. Itulah sebabnya tanaman ini mampu mengobati beberapa penyakit, salah satunya adalah gangguan organ hati atau hepatitis A.

Cara mengolahnya adalah, siapkan tujuh tangkai bunga pecut kuda. Potong dan cuci dengan air. Rebus dengan 750 mililiter air. Rebus dengan api kecil hingga tersisa sekitar 500 mililiter. Angkat dan biarkan sampai hangat. Minum ramuan tersebut secara rutin tiap pagi dan sore.

Tanaman pecut kuda juga mampu mengobati batuk dan radang tenggorokan.  Siapkan 50 gram daun pecut kuda, 2 siung bawang putih, dan 2 rimpang kencur. Tumbuk semua bahan hingga halus. Campur dengan setengah cangkir air gula aren, aduk hingga rata. Peras ramuan tersebut dan minum airnya tiga kali sehari.

Tanaman pecut kuda juga bisa mengobati rematik dan radang amandel atau tonsilitis. Caranya, ambil 55 gram daun pecut kuda, cuci dengan air bersih mengalir. Potong-potong lalu rebus dengan 750 mililiter air. Biarkan sampai tertinggal 250 mililiter. Minum dengan rutin pagi dan sore, masing-masing setengah gelas.

Bagi wanita, tanaman pecut kuda bermanfaat mengatasi masalah Keputihan Ambil 50 gram akar pecut kuda, kemudian dipotong-potong. Rebus dengan tiga gelas air di atas api kecil. Biarkan hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Angkat dan biarkan menjadi hangat. Minum dengan rutin pagi dan sore, masing-masing setengah gelas.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF