Masak Nasi Campur Minyak Kelapa, Cegah Diabetas, Obesitas dan Sehatkan Usus
berita
Sumber Foto: intisari.grid.id
30 May 2020 17:15
Watyutink.com - Menu masakan yang memadukan nasi putih dan kelapa sudah banyak kita kenal. Bahkan menu-menu tersebut sangat digemari. Pasalnya kelapa membuat rasa nasi putih menjadi semakin lezat.

Namun kebanyakan, kelapa yang disajikan berupa kelapa parut, seperti menu urap-urap, pepes dan sebagainya. Kelapa juga kerap diambil santannya guna dijadikan kuah masakan, seperti opor.

Selama ini kita jarang memanfaatkan minyak kelapa untuk melezatkan nasi putih. Padahal selain meningkatkan cita rasa, menambah minyak kelapa juga bermanfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa manfaat menambahkan minyak kelapa pada nasi putih bagi kesehatan?

Sebuah studi yang dilakukan Harvard University dan diterbitkan British Medical Journal menunjukkan, mengonsumsi nasi putih meningkatkan risiko penyakit diabetes. Pasalnya beras atai nasi sebagai bahan utama makanan sehari-hari mengandung kalori yang cukup besar. Hal ini bersal dari pati yang terkandung dalam nasi.

Tubuh akan mengubah pati menjadi gula dan menyimpannya sebagai lemak. Risiko diabetes menjadi semakin besar lantaran nasi putih memiliki nutrisi yang lebih sedikit daripada beras merah.

Ilmuan Harvard University, Sudhair James, saat mempresentasikan penelitian pendahuluannya di National Meeting and Exposition of American Chemical Society mengatakan telah menemukan cara menurunkan risiko diabetes pada nasi putih. Sudhair menyebut menambahkan minyak kelapa adalah salah satu cara menghindari penyakit yang juga disebut kencing manis.

Sudhair mengatakan, cara yang dilakukannya sangat sederhana. Yakni dengan memanipulasi kimia pati dalam beras, dengan mengubah pati yang dapat dicerna menjadi pati resisten. Ilmuan asal Sri Langka ini menuturkan kebanyakan pati cepat dicerna dan diubah tubuh menjadi glukosa. Kelebihan glukosa akan disimpan sebagai lemak dan seringkali menjadi pemicu obesitas dan diabetes.

Sudhair menunjukkan, memasak nasi dengan minyak kelapa dapat mengurangi penyerapan kalori hingga 12 persen, bahkan bisa sampai mencapai 60 persen. Ia menyebut teknik menambahkan minyak kelapa juga bisa diterapkan saat memasak kentang. Pasalnya antara beras dan ketang sama-sama mengandung pati dan karbohidrat.

Cara membuat nasi dengan minyak kelapa adalah untuk satu cangkir beras ditambahkan dua sendok teh minyak kelapa. Panaskan satu tiga per empat gelas air hingga mendidih. Masukkan minyak kelapa dan beras. Tutup dan masak menggunakan api kecil selama 20 hingga 25 menit.

Setelah nasi matang, biarkan dingin, lalu masukkan di kulkas setidaknya selama 12 jam. Cara ini akan meningkatkan kandungan pati resisten secara alami. Selain itu juga membantu menghindari lonjakan gula.

Pati resisten hasil memasak dengan minyak kelapa juga bermanfaat bagi kesehatan sel usus dan menjaga bakteri baik dalam usus.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF