Mengapa Helm Selalu Bulat dan Licin?
berita
Sumber Foto: istagram nabila putri via merdeka.com
11 April 2020 08:00
Watyutink.com - Anda biasa mengendarai sepeda motor. Anda wajib pakai helm demi keselamatan diri. Bentuk helm pun tidak boleh asal-asalan tapi harus berstandar SNI. Ingat, ini demi keselamatan Anda sendiri.

Lazimnya helm yang kita pakai berbentuk bulat dan tanpa sudut. Baik helm full face maupun half face.

Tahukah Anda mengapa helm bentuknya selalu bulat dan licin?

Ternyata bentuk helm yang bulat dan licin dipercaya mampu melindungi kepala saat terjadi benturan. Sakaguchi Yasuhiro, General Manager Arai Helmet Ltd, Jepang mengatakan saat terjatuh kita sulit memprediksi arah benturan. Oleh karena itu bentuk helm harus sesuai dengan bentuk kepala. Helm bulat dengan permukaan licin bisa mengulur waktu benturan. Bila licin, maka energi kinetik tidak akan terserap di satu titik, melainkan dapat diserap di berbagai tempat.

Harry Suherman, Presiden Direktur Cargloss Proriders (CPR), mengatakan adanya tonjolan pada bentuk helm sangat berbahaya jika terjauh apalagi terseret di aspal. Saat terjatuh, helm berbentuk bulat bisa mempermudah pergerakan pengendara. Bukan hanya mengamankan kepala, helm juga bisa melindungi leher dari kemungkinan cidera atau patah.

Maka, jangan sembarangan memilih helm.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila