Mengenal Kanker Usus, Penyakit yang Merenggut Nyawa Istri Ustad Maulana
berita
Sumber Foto : inews.id
23 January 2019 16:50
Watyutink.com - Beberapa saat lalu publik dikejutkan dengan kabar meninggalnya Nuraliyah Ibnu Hajar, istri Muhammad Nur Maulana atau Ustad Maulana. Belakangan diketahui Nuraliyah meninggal lantaran terkena kanker usus yang sudah dideritanya selama tujuh tahun.

Tahukah Anda apa penyebab kanker usus dan bagaimana cara menghindarinya?

Hingga kini memang belum  ada yang mengetahui secara pasti penyebab utama kanker usus. Namun beberapa ahli menyakini  kanker usus bisa disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor genetik atau keturunan. Selain itu faktor lingkungan seperti  pola makan juga berperan sangat besar.

Pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu sering mengonsumsi daging merah dan lemak hewani tanpa disertai asupan sayuran, buah, atau makanan berserat juga membuat tubuh rentan terkena kanker usus.

Perlu Anda ketahui, daging merah memiliki kandungan lemak tinggi yang dapat meningkatkan jumlah zat asam empedu di dalam saluran pencernaan. Akibatnya, zat asam empedu yang seharusnya bertugas membantu memecah lemak pun tidak dapat menjalankan tugasnya. Akhirnya pertumbuhan tumor pun meningkat, terutama pada sel-sel yang melapisi usus besar.

Dengan berbagai bahaya dari konsumsi daging merah tersebut, ada baiknya mulai sekarang Anda mengurangi konsumsi makanan tersebut, dan beralih pada makanan sehat yang dapat menjauhkan Anda dari risiko kanker usus.

Untuk itu salah satu cara mencegah terjangkit kanker usus adalah banyak mengkonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran. Serat dianggap sebagai senjata ampuh melawan kanker. Pasalnya serat memiliki efek perlindungan terhadap kanker usus, selain juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sumber serat lainnya adalah gandum, roti, buah plum, beri, kacang merah dan kacang-kacangan lainnya.

Selain itu makanan yang mengandung fitokimia juga disarankan untuk mencegah kanker usus. Fitokimia dapat ditemukan dalam tomat, buah jeruk, paprika, wortel, brokoli, kubis, dan kedelai.

Jenis makanan yang juga baik menangkal  kanker usus adalah susu, keju, yoghurt, salmon, sarden, kuning telur, hati ayam dan sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung serta sawi hijau. Makanan tersebut banyak mengandung asam folat, kalsium, dan vitamin D

Zat lain yang perlu dikonsumsi adalah antioksidan yang berguna untuk mengusir radikal bebas dari dalam tubuh. Antioksidan banyak terdapat pada sayuran, buah, teh hijau dan teh hitam.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus