Merokok Pagi Hari Risiko Terkena Kanker Lebih Tinggi
berita
Sumber Foto : youtube.com (gie/watyutink.com)
20 October 2019 10:00
Anda suka merokok? Kapan Anda biasa mulai merokok setiap hari? Biasanya orang merokok saat pagi hari setelah bangun tidur, sambil ditemani segelas kopi. Mantab

Tahukah Anda, merokok pagi hari meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru?

Penelitian yang dilakukan oleh U.S. National Cancer Institute mengambil data 3.200 perokok dan mantan perokok di Amerika Serikat dan Italia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mulai merokok kurang dari satu jam setelah bangun tidur dipagi hari memiliki risiko terkena kanker paru-paru lebih besar dibandingkan mereka yang merokok lebih siang.

Steven Branstetter, Ph.D., asisten profesor kesehatan biobehavioral di Pennsylvania, AS mengatakan merokok pagi hari cenderung menghirup lebih dalam, dan menahap asap di paru-paru lebih lama, serta menghirup lebih banyak asap per batangnya.

Jadi jika Anda mempunyai kebiasaan merokok pagi hari, sebaiknya segera hentikan. Bukan hanya dipagi hari, tapi juga siang dan malam hari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas