Meski Pahit, Kulit Duku Punya Manfaat Bagi Kesehatan, Cegah Kanker dan Sehatkan Pencernaan
berita
Kulit Duku
06 March 2020 16:45
Watyutink.com – Manfaat buah duku bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah duku diyakini bermanfaat melindungi organ tubuh, seperti mata, pencernaan, dan jantung dari gangguan penyakit. Duku juga bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil.

Saat memakan buah duku seringkali kita membuang kulitnya. Pasalnya kulit duku yang berwarna kuning terang itu terasa pahit saat digigit. Itulah sebabnya kulit buah duku hanya dianggap sampah. Padahal seperti juga buahnya, kulit duku memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda apa manfaat kulit duku bagi kesehatan?

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat kulit duku bagi kesehatan. Padahal khasiatnya sangat banyak, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satunya untuk memperlancar sistem pencernaan. Pasalnya kulit duku mengandung dietary fiber atau serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Mengonsumsi kulit duku akan menghindarkan perut dari sembelit atau susah buang air besar dan konstipasi.

Kulit duku juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat menangkal efek buruk radikal bebas. Para ahli kesehatan menyebut radikal bebas adalah pemicu berbagai penyakit, baik ringan maupun berat, termasuk kanker. Itulah sebabnya mengonsumsi kulit duku bisa melindungi tubuh dari penyakit kanker kolon atau usus besar.

Bagi Anda yang bermasalah dengan berat badan juga bisa menggunakan kulit duku sebagai alternatif. Pasalnya kulit duku baik untuk membantu menurunkan berat badan. Kulit duku akan membantu tubuh mendapatkan cartine yang membantu pembakaran lemak. Namun, kulit duku sebaiknya dikonsumsi bersama dengan makanan sehat lain, seperti apel yang juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Kulit buku juga bisa mengobati kram perut, terutama bagi wanita yang sedang datang bulan atau menstruasi. Caranya, pisahkan kulit duku dari buanya, lalu tumbuk hingga halus. Agar tidak pahit campur dengan sedikit garam. Setelah halus seduh dengan air mendidik lalu diamkan. Saring dan minum air seduhan tersebut.

Kulit duku juga bisa menjadi obat cacing dan demam. Caranya blender kulit duku hingga menjadi jus. Campur dengan jinten hitam dan madu. Minum ramuan tersebut saat tubuh terserang demam dan cacingan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila