Minum Kopi Berbahaya bagi Penderita Maag dan Asam Lambung? Ini Penjelasannya
berita
Ilustrasi/ Net
12 October 2021 08:00
Watyutink.com – Bebarapa ahli kesehatan menyebut kopi adalah minuman sehat. Pasalnya kopi diketahui mengandung beragam nutrisi, seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, magnesium dan naicin. Selain itu kopi juga mengandung vitamin B2, B3, dan B5. Itulah sebabnya tidak aneh jika saat ini minum kopi bukan hanya menjadi kebiasaan, melainkan menjadi gaya hidup.

Namun ada beberapa orang yang takut minum kopi. Biasanya mereka ada para penderita gangguan pencernaan seperti maag dan asam lambung. Kandungan kafein dalam kopi dikatakan bisa meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh. Hal ini dikhawatirkan bisa memicu kambuhnya sakit maag dan asam lambung.

Itulah sebabnya bagi penderita maag dan asam lambung diperlukan tips dan trik agar bisa menikmati kopi tanpa takut sakitnya kambuh.

Tahukah Anda, bagaimana tips agar aman meminum kopi bagi penderita maag dan asam lambung?

Tidak dipungkiri kopi memang tidak ramah bagi penderita gangguan pencernaan seperti maag dan asam lambung. Kandungan kafein yang ada dalam kopi menjadi penyebabnya. Pasalnya asupan kafein secara berlebihan dapat melonggarkan otot kerongkongan. Selain itu kafein berpotensi mengiritasi dinding lambung yang bisa memicu penyakit maag. Kafein juga bisa meningkatkan produksi asam lambung yang juga bisa menyebabkan tubuh terserang penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD).

Namun keinginan menikmati secangkir kopi seringkali tidak bisa dihindari. Aroma minuman berwarna hitam itu terkadang terlalu nikmat untuk dihindari. Itulah sebabnya diperlukan tips dan trik agar menikmati secangkir kopi tidak berubah menjadi penderitaan akibat penyakit maag dan asam lambung atau GRED kambuh.

Dikutip dari situs hallosehat, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan para penderita maag dan asam lambung agar bisa menikmati kopi tanpa khawatir penyakit yang dideritanya kambuh. Tips pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan jenis kopi. Pilih jenis kopi yang tidak memiliki rasa asam dan kandungan kafein yang lebih sedikit.

Kandungan kafein dalam kopi tidak sama tergantung jenis kopinya. Dilansir dari laman Very Well Family, semakin lama biji kopi dipanggang, rasanya akan makin asam. Selain itu kandungan kafeinnya juga lebih tinggi dan warnanya pun makin hitam. Itulah sebabnya penderita maag dan asam lambung disarankan memilih kopi jenis arabika yang lebih sedikit kandungan kafeinnya sebesar 1,2 persen dibandung kopi robusta sebesar 2,2 persen.

Pilih pula kopi arabika yang dioleh menggunakan teknik cold brew yang menghasilkan konsentrat kopi lebih pekat. Tapi teknik cold brew akan menghasilkan rasa yang lebih manis dan kafein yang lebih rendah. Kopi cold brew lebih akan menghasilkan tingkat keasaman atau pH 6,31, daripada kopi hitam yang diseduh dengan air panas yang menghasilkan pH 5,48. Semakin kecil angka pH, semakin asam pula kopi tersebut. Jika minum kopi panas, pilih yang diseduh menggunakan teknik dark roast dan fermentasi. Pasalnya kedua jenis kopi tersebut memiliki kandungan senyawa yang lebih aman dan tidak berisiko meningkatkan asam lambung.

Tips berikutnya adalah dengan menambahkan susu saat menikmati kopi. Pasalnya kopi ditambah susu akan mencegah maag dan asam lambung kambuh. Namun disarankan pilih susu dengan kadar lemak rendah atau susu skim. Pasalnya kandungan lemak tinggi dalam susu full cream atau whole milk dapat melonggarkan cincin otot kerongkongan bagian bawah.

Protein dari susu murni ini juga dapat berinteraksi dengan sejumlah senyawa dalam kopi sehingga mendorong naiknya asam lambung ke kerongkongan. Namun harus dipastikan Anda tidak memiliki alerdi terhadap susu sapi.

Tips berikutnya adalah batasi jumlah kopi yang diminum. Jika orang lain bisa minum kopi beberapa cangkir atau gelas sehari, penderita maag dan asam lambung sebagainya cukup satu cangkir saja dalam sehari. Asupan kopi lebih banyak dikhawatirkan memicu maag kambung dan asam lambung naik. Pilih pula cangkir atau gelas dengan ukuran kecil. Selain itu perbanyak minum air putih setelah menikmati secangkir kopi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF