Minumlah Air Secukupnya, Jangan Berlebih!
berita

28 December 2018 15:55
Watyutink.com – Kita banyak dianjurkan untuk minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama pada saat merasa haus. Haus adalah respon alami tubuh ketika kita kekurangan cairan (air), atau mengalami dehidrasi. Tubuh kita memerlukan cairan, yang dipergunakan antara lain untuk mencerna makanan, membantu transportasi nutrisi ke seluruh tubuh, memproduksi air ludah, mengatur suhu tubuh, serta membantu kerja ginjal membersihkan apapun yang tidak diperlukan tubuh. Selain itu minum air putih setiap hari dapat membantu kita untuk lebih konsentrasi dan fokus serta melancarkan sistem saraf di otak kita. Tapi, ternyata kita juga dilarang minum air secara berlebihan.

Tahukah Anda, terlalu banyak minum air putih malah dapat menganggu kesehatan?

Seperti diketahui, sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan (air). Air terdapat pada aliran darah, mengisi sel beserta rongga antar sel. Tubuh juga mengatur pengeluaran air untuk menjaga keseimbangan. Namun, apa yang terjadi jika tubuh mengandung air terlalu banyak?

Ketika air terlalu banyak berada dalam tubuh kita tanpa tambahan keseimbangan asupan garam dari makanan dan minuman, dapat mengakibatkan darah kita jadi encer, yang berarti menurunkan konsentrasi garam dalam darah. Konsentrasi garam dalam aliran darah diperlukan untuk menjaga tekanan darah, kerja otot dan saraf agar tetap normal. Garam juga berfungsi mengatur kandungan air di dalam sel  tubuh kita. Dengan turunnya konsentrasi garam menyebabkan sel menjadi membengkak. Jadi kandungan air yang berlebih dapat mengganggu fungsi beberapa organ tubuh.

Jika pembesaran sel  terjadi di otak dapat berakibat fatal. Menurut Profesor Dr Tamara Hew-Butler dari Oakland University, sel otak akan membesar hingga lebih dari 10 persen jika seseorang terlalu banyak minum air. Nah, jika otak menyentuh tengkorak kita, ini dapat memungkinkan terjadinya dorongan pada batang otak kita, sehingga otak kita dapat bergeser dari tempat yang seharusnya. Tekanan dalam tulang tengkorak dapat memicu gejala awal dari apa yang disebut dengan “keracunan air”, seperti sakit kepala, mual dan muntah-muntah.

Karena itu kenalilah tanda-tanda berikut, yang dapat mengindikasikan tubuh kita telah kelebihan air, yaitu antara lain: air seni berwarna bening, sering merasa mual, sering buang air kecil tengah malam, sering sakit kepala, sering keram otot serta sering merasa lelah. Jadi ketika hal-hal ini terjadi, siapa tahu Anda terlalu banyak minum air. Karena itu minumlah air putih secukupnya, jangan berlebih.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus