Nasi Panas Lebih Tinggi Kadar Gulanya, Benarkah?
berita
Sumber Foto : klikdokter.com (gie/watyutink.com)
06 October 2019 09:00
Watyutink.com - Penderita diabetes seringkali diminta menghindari nasi panas. Dikhawatirkan mengkonsumsi nasi putih panas bisa meningkatkan kadar gula.

Tahukah Anda, benarkah mengosumsi nasi putih bisa meningkatkan kadar gula?

Ternyata pakar kesehatan mengatakan kandungan kalori nasi panas dan nasi dingin cenderung sama saja, yakni 175 kalori untuk 100 gram. Namun, indeks glikemik dari nasi dingin jauh lebih rendah dibandingkan nasi panas. Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat.

Akibatnya nasi dingin cenderung akan lebih lama dicerna oleh tubuh dan mencegah kenaikan gula darah dengan waktu yang cepat. Jadi memang benar, penderita diabetes sebaiknya hindari makan nasi panas. (ysf)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia