Obati Diabetes, Kolesterol, Hipertensi dan Asam Lambung dengan Bunga Bugenvil
berita
Bunga Bugenvil
14 October 2021 15:30
Watyutink.com – Selama ini bunga bugenvil dikenal sebagai penghias taman atau halaman rumah. Bunganya yang berwarna merah akan membuat taman atau halaman rumah menjadi lebih indah. Tak heran jika banyak orang yang membudidayakan bunga bugenvil, baik untuk dijual atau ditanam sendiri.

Ternyata selain indah, bunga bugenvil juga menyimpan manfaat lain. Pasalnya tanaman ini memiliki kandungan zat dan senyawa yang berguna bagi kesehatan. Banyak ahli kesehatan menyakini bugenvil bisa diolah menjadi obat bagi berbagai penyakit.

Tahukah Anda apa saja manfaat bunga bugenvil bagi kesehatan?

Bugenvil adalah tanaman yang pertama kali ditemukan di Filipina. Selanjutnya tanaman ini banyak dikembangkan di Asia, Eropa, dan Amerika. Selain sebagai penghias taman dan halaman, pada ahli juga meneliti kandungan zat yang ada dalam bugenvil. Hasilnya ditemukan beberapa senyawa, seperti tanin, pinitol, alkaloid, betasianin, flavonoid, asam oksalat, dan senyawa fenolik.

Selain itu bugenvil juga memiliki kandungan glikosida, antrakuinon, terpenoid, saponin, steroid, lemak, protein, dan minyak esensial. Itulah sebabnya bugenvil disebut-sebut bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit diabetes.

Penyakit yang juga bernama kencing manis ini terjadi akibat gangguan resistensi insulin. Akibatnya kadar gula dalam darah terus meningkat karena tubuh tidak bisa membuat insulin. Kandungan senyawa pinitol daalam bunga bugenvil diyakini berguna mengatasi gangguan ini.

Cara konsumsi bunga bugenvil, adalah dengan mengolah bunga bugenvil menjadi teh. Ambil beberapa bunga bugenvil, keringkan. Lalu seduh dengan air panas. Bisa juga dengan mencampurkan bunga bugenvil kering ke dalam minuman teh.

Bunga bugenvil juga dapat menjaga kesimbangan kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol berlebih, terutama kolesterol jahat atau kow density lipoprotein (LDL) diyakini sebagai pemicu berberbagai penyakit berbahaya, seperti hipertensi, diabetes, serangan jantung, dan stroke. Itulah sebabnya kadar kolesterol harus selalu terjaga keseimbangannya.

Rutin mengonsumsi teh bunga bugenvil dipercaya dapat menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Selain itu minum teh bunga bugenvil juga bisa menjaga tekanan darah tetap normal.

Bunga bugenvil juga ampuh mengobati batuk. Selain itu gangguan pernafasan akibat gejala flu dan kelelahan juga bisa diatasi dengan minum ramuan bugenvil, terutama bagian kulit batangnya.

Caranya, ambil beberapa kulit pohon bugenvil yang sudah benar-benar kering, tumbuk hingga halus dan menjadi bubuk. Campur dengan segelas air matang lalu gunakan untuk berkumur. Tenggorokan yang semula terasa sesak akan menjadi lega.

Tanaman bugenvil juga mampu mengatasi masalah pencernaan, seperti diare, perut kembung, dan asam lambung. Kandungan senyawa anti inflamasi dalam daun bugenvil diyakini dapat memberikan efek tenang pada usus. Sehingga masalah pencernaan pun bisa diatasi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya dengan ambil beberapa helai daun bugenvil, bersihkan. Rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Biarkan sampai hangat lalu minum. Tambahkan madu untuk menambah rasa.

Meski memiliki manfaat, mengonsumsi ramuan Bugenvil juga memiliki efek samping, seperti gangguan fungsi ginjal dan hati. Pasalnya mengonsumsi bunga, kulit, atau daun bugenvil bisa meningkatkan kadar kalium dalam tubuh. Akibatnya bisa menghambat penyerapan vitamin dan mineral oleh tubuh. Itulah sebabnya orang dengan masalah hati dan ginjal sangat tidak dianjurkan mengonsumsi ramuan bugenvil.

Ramuan bugenvil juga berpotensi menurunkan kadar hemoglobin dalam darah. Akibatnya tubuh akan menjadi lemah dan tidak bertenaga. Pasalnya produksi sel-sel darah merah menjadi menurun selama mengonsumsi ramuan bugenvil.

Mengonsumsi ramuan bugenvil juga bisa menganggu hormon reproduksi dan kesuburan. Pasalnya ramuan bogenville, terutama daunnya banyak berhubungan dengan produksi hormon testosteron dan estrogen. Itulah sebabnya saat mengonsumsi ramuan bugenvil sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF