Obati Sakit Gigi, Sariawan, dan Bau Mulut dengan Ramuan Cengkeh
berita

03 July 2020 17:17
Watyutink.com - Siapa sih yang mau sakit gigi? Pasti tidak ada. Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Saat gigi terasa nyut-nyut semua aktivitas bakal terganggu. Bahkan tidur pun tak enak, apalagi bekerja, belajar atau kegiatan lain. Dipastikan bakal tidak bisa konsentrasi. 

Itulah sebabnya, saat terserang sakit gigi, kita akan berusaha menyembuhkannya sesegera mungkin. Obat kimia pun menjadi pilihan. Padahal sejatinya sakit gigi bisa diatasi dengan bahan alami. 

Tahukah Anda, apa bahan alami untuk mengatasi sakit gigi? 

Bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi adalah cengkeh. Para ahli kesehatan mengatakan cengkeh kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti serat, karbohidrat, dan kalori. Selain itu rempah asal Maluku, Indonesia itu juga kaya akan kandungan mineral, seperti kalium, mangan, kalsium, magnesium, natrium, zinc, folat, antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Beragam nustrisi itulah yang membuat cengkeh berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya untuk mengatasi sakit gigi. Senyawa eugenol dalam cengkeh diyakini mampu mengurangi nyeri di gigi dan gusi. Beberapa penelitian mengungkapkan senyawa eugenol efektif meredakan rasa sakit, peradangan, dan infeksi.

Kandungan senyawa analgesik atau pereda nyeri dalam cengkeh diyakini bisa mengurangi rasa tidak nyaman akibat sakit gigi. Untuk mendapatkan manfaat cengkeh, caranya, ambil lima hingga 10 butir cengkeh. Lalu tumbuk hingga halus. Taburkan bubuk cengkeh tersebut ke bagian gigi atau gusi yang sakit. Biarkan selama tiga hingga lima menit. 

Namun perlu diingat, cengkeh bisa menimbulkan rasa panas dan pedas. Pada orang yang mempunyai mulut sensitif, penggunaan cengkeh berisiko menimbulkam luka di mulut. 

Cengkeh juga bermanfaat meredakan batuk. Pasalnya cengkeh berguna untuk mengencerkan dahak yang kerap menjadi penyebab batuk. Untuk mengatasi batuk, caranya, ambil beberapa butir cengkeh lalu kunyah. Kandungan senyawa kimia ekspektoran dalam cengkih berfungsi sebagai pengencer dahak.

Selain itu cengkeh juga berguna untuk melancarkan sistem pernafasan. Namun saat dikunyah, cengkeh akan mengeluarkan rasa pahit. 

Cengkeh juga berfungsi sebagai penyegar alami sekaligus menghilangkan bau mulut. Pasalnya cengkeh memiliki kandungan senyawa eugenol yang bekerja mengusir bau mulut. Selain itu cengkeh juga bermanfaat untuk mengatasi sariawan dan bibir pecah-pecah. 

Untuk mendapatkan manfaat cengkeh, caranya sangat sederhana, ambil beberapa butir cengkeh lalu hisap tak ubahnya seperti permen. Bau tak sedap dan gangguan mulut akan sirna dalam waktu singkat. 

Cengkeh juga berguna mengatasi mual dan kembung. Biasanya mual muncul akibat masuk angin. Caranya rebus beberapa butir cengkeh. Setelah mendidih angkat dan biarkan menjadi hangat. Tambahkan madu atau gula aren untuk menambah rasa. Minum dua kali sehari, hingga mual atau kembung lenyap. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila