Panjang Hidung Menyusut Saat Seseorang Berbohong
berita
Sumber Foto : brilio.net
08 October 2019 09:30
Watyutink.com - Orang yang berbohong hidungnya jadi tambah panjang. Mungkin kita beranggapan hal itu hanya ada di cerita Pinokio, si boneka kayu.  Hidung pinokio bisa menjadi pertanda anak Gepeto si tukang kayu itu sedang berbohong.

Tahukah Anda, perubahan ukuran hidung saat orang berbohong ternyata bukan hanya cerita fiksi, melainkan benar-benar terjadi. Namun, bukannya semakin memanjang, saat berbohong ukuran hidung justru semakin menyusut.

Dr. Emilio Gomez Milan, dari University of Granada mengatakan ujung hidung akan menyusut saat seseorang berbohong. Selain itu suhu hidung juga menurun hingga  1,2 derajat celcius. Sedangkan suhu dahi naik hingga 1,5 derajat celcius.Namun perubahan itu tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Gomez Milan menjelaskan, hal ini terjadi karena untuk bisa berbohong seseorang perlu berpikir terlebih dahulu. Hal itulah yang menyebabkan suhu tubuh meningkat meningkatkan. Sementara itu pada waktu yang bersamaan berbohong akan membuat seseorang cemas sehingga suhu hidung turun.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir             Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!