Panjang Hidung Menyusut Saat Seseorang Berbohong
berita
Sumber Foto : brilio.net
21 November 2018 17:00
Orang yang berbohong hidungnya jadi tambah panjang. Mungkin kita beranggapan hal itu hanya ada di cerita Pinokio, si boneka kayu.  Hidung pinokio bisa menjadi pertanda anak Gepeto si tukang kayu itu sedang berbohong.

Tahukah Anda, perubahan ukuran hidung saat orang berbohong ternyata bukan hanya cerita fiksi, melainkan benar-benar terjadi. Namun bukannya semakin memanjang, saat berbohong ukuran hidung justru semakin menyusut.

Dr. Emilio Gomez Milan, dari University of Granada mengatakan ujung hidung akan menyusut saat seseorang berbohong. Selain itu suhu hidung juga menurun hingga  1,2 derajat celcius. Sedangkan suhu dahi naik hingga 1,5 derajat celcius.Namun perubahan itu tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Gomez Milan menjelaskan, hal ini terjadi karena untuk bisa berbohong seseorang perlu berpikir terlebih dahulu. Hal itulah yang menyebabkan suhu tubuh meningkat meningkatkan. Sementara itu pada waktu yang bersamaan berbohong akan membuat seseorang cemas sehingga suhu hidung turun.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

FOLLOW US

Tim Teknis Bikin Boros Anggaran Saja             Presiden dan Kapolri Perlu Ambil Sikap Tegas             Fungsi Hutan Tidak Hanya dari Aspek Ekonomi              Kodim Lakukan Pendekatan Pembinaan Teriorial Bukan Pendekatan Operasi Tempur             Lingkungan Baik Ciptakan Anak Sehat             Anak Memiliki Bakat dan Kecerdasan yang Berbeda             Indonesia Bakal Menuai Musibah Electronic Sports             Pemekaran Kodim vis a vis Visi Pertahanan Negara Poros Maritim Dunia             Menggugat Peran Keluarga  Dalam Perlindungan Anak             Anak, Tanggung Jawab Bersama