Penderta Asam Urat Sebaiknya Hindari Roti, Baik Manis Maupun Asin
berita

18 March 2019 17:15
Watyutink.com - Asam urat adalah salah satu penyakit yang tidak bisa dibiarkan. Jika penyakit ini sedang kambuh, penderita sering mengalami nyeri yang sangat di persendian. Akibatya bahkan menyebabkan penderita sulit bergerak dan berjalan. Ituah sebabnya penderita asam urat wajib menghindari beberapa jenis makanan yang diyakini memicu asam urat.

Selain bahan makanan yang sudah dikenal, seperti jeroan, kacang, dan empung, salah satu makanan yang disebut bisa memicu asam urat adalah roti.

Tahukah Anda, mengapa roti dikatakan bisa menimbulkan asam urat kambuh?

Seperti diketahui, roti dibuat menggunakan ragi, salah satu bahan yang bisa mempengaruhi kondisi asam urat dalam tubuh. Namun pakar kesehatan menyebut roti tidak selalu memberikan dampak buruk bagi penderita asam urat. Terbukti banyak penderita penyakit asam urat yang tetap bisa mengonsumsi roti tanpa khawatir asam uratnya kambuh.

Hanya saja, jika kadar memang sudah sangat tinggi, roti bisa memicu serangan asam urat yang lebih parah. Itulah sebabnya penderita asam urat sebaiknya menghindari roti, baik sebagai makanan pokok maupun camilan. Apalagi jika roti ini manis atau diberi tambahan gula.

Sebenarnya, penyebab utama asam urat adalah makanan yang mengandung purin. Tiap-tiap makanan berbeda kadar purinnya. Jika kita mengonsumsi makanan dengan kadar purin rendah, maka akan diolah oleh tubuh dan terbuang melalui air seni.

Namun jika kadar purin yang dikandung makanan tinggi, maka akan semakin menumpuk di dalam persendian. Hal inilah yang menyebabkan nyeri di persendian.

Untuk menghindari kadar asam urat tinggi, para ahli menyarankan agar mengindari beberapa jenis makanan, seperti makanan dengan bahan utama tepung. Pasalnya makanan yang diolah dengan menggunakan tepung seperti gorengan bisa meningkatkan risiko peradangan di dalam tubuh. Hal ini tentu akan membuat risiko terkena serangan asam urat akan semakin meningkat.

Selain itu makanan dengan kadar asam lemak omega 6 yang cukup tinggi juga bisa memicu asam urat. Sebenarnya, makanan dengan kadar asam lemak omega 6 memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Namun bagi penderita asam urat, asam lemak omega 6 bisa meningkatkan risiko peradangan. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 6 cukup tinggi adalah minyak jagung, mayones, serta minyak bunga matahari.

Makanan manis juga bisa meningkatkan risiko untuk terkena peradangan juga meningkat dengan signifikan. Terlebih makanan manis juga bisa menaikkan berat badan dan risiko diabetes. Selain itu makanan dengan kadar garam tinggi seperti kripik juga bisa memperparah kondisi asam urat.

Penderita asam urat juga disarankan menghindari makanan yang dimasak dengan cara dibakar. Pasalnya cara memasak seperti itu menyebabkan risiko peradangan pada penderita asam urat.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus