Permainan Congklak Berasal dari Arab
berita

02 December 2018 17:30
Anda pasti mengenal permainan congklak. Meski saat ini sudah jarang terlihat anak-anak memainkan permainan ini namun permainan congklak tetap mengasyikkan untuk dimainkan. 

Tahukah Anda dari mana sebetulnya permainan ini? 

Permainan yang juga dikenal dengan nama dakon ini identik dengan permainan tradisional masyarakat Jawa. Padahal sejartinya congklak berasal dari Jazirah Arab. Konon para pedagang Arab dan Afrika yang membawanya hingga ke Nusantara. 

Pada jaman dahulu congklak bahkan menjadi permainan kalangan bangsawan. Papan congklak dibuat dari kaya terbaik lengkap dengan ukiran yang indah. Umumnya dimainkan oleh anak gadis dilingkungan istana. 

Saat ini congklak sudah jarang ditemui. Perkembangan teknologi dan kemajuan jaman telah membuat congklak dan permainan tradisional lainnya tersisihkan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus