Phubbing, Bahaya Smartphone yang Tidak Kita Sadari
berita

10 January 2019 17:20
Watyutink.com - Tanpa kita sadari, saat ini smartphone adalah benda yang paling sering kita pegang. Smartphone juga menjadi benda yang paling sering menyita perhatian. Bahkan mengalahkan perhatian kita kepada lingkunan sekitar, baik kelurarga maupun teman. Tanpa disadari pula kita telah terserang phubbing.

Tahukah Anda, apa itu phubbing dan apa pula akibatnya?

Phubbing adalah istilah yang berasal dari kata phone dan snubbing. Istilah yang berarti sebuah perilaku acuh tak acuh terhadap lingkungan dan lebih fokus pada gadget smartphone. Jika dibiarkan kebiasaan phubbing dapat membahayakan kehidupan sosial, terutama hubungan dengan orang-orang terdekat.

Baru-baru ini sebuah penelitian dari University of Kent, Inggris mengungkap bahwa phubbing mempengaruhi cara orang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan, saat tingkat phubbing meningkat, orang menjadi lebih cepat marah. Hal itu karena ada lebih banyak ancaman terhadap kebutuhan dasar manusia untuk berhubungan.

Varoth Chotpitayasunondh dan Karen Douglas peneliti dari Sekolah Psikologi Kent percaya bahwa phubbing dapat merusak rasa memiliki dan harga diri seseorang. Sebab pada dasarnya tidak ada orang yang senang diabaikan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Rekonsiliasi ala Amien Rais Tidak Beretik Demokrasi             Indonesia Butuh Rupiah Kuat             Pembangunan Kodim untuk Wilayah 3T Urgen             Harus Disesuaikan dengan Kebutuhan dan Ancamanya             Rekonsiliasi Transaksional Rusak Mental Bangsa             Tak Ada Rekonsiliasi Tanpa Power Sharing             Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan