Pijatan Jari dan Telapak Tangan, Cara Ajaib Menjaga Kesehatan
berita

26 March 2019 17:05
Watyutink.com – Menjaga kesehatan lebih baik daripada menyembuhkan penyakit. Begitu kalimat bijak yang sering kita dengar. Selain itu menjaga kesehatan juga lebih murah dibandingkan biaya rumah sakit yang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta jika kita dirawat.

Menjaga kesehatan bisa dengan berbagai cara. Olah raga dan menjaga pola makan adalah salah satu cara menjaga kesehatan. Selain itu gaya hidup juga berpengaruh pada kesehatan manusia.

Selain itu ada pula cara lain yang terlihat sederhana namun menyimpan manfaat yang besar bagi kesehatan.

Tahukah Anda, cara sederhana apa yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan?

Cara sederhana untuk menjaga kesehatan adalah dengan memijit bagian-bagian telapak dan jari tangan. Cara semacam ini sejatinya sudah lazim digunakan dalam pengobatan ala pijat refleksi. Beragam gangguan kesehatan diyakini bisa ditanggulangi dengan rutin memijit bagian-bagian telapak dan jari tangan.

Seperti dilansir pada laman littlethings.com, bagian-bagian yang sebaiknya rutin dipijat antara lain, jari telunjuk. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Minnesota, AS jari telunjuk merupakan organ yang berhubungan dengan kesehatan ginjal. Rutin memijat bagian  ini setidaknya lima menit setiap hari bisa menghindarkan tubuh dari rasa sakit akibat nyeri otot dan bisa menyehatkan ginjal.

Bagian telapak tangan yang lain yang juga bisa menyehatkan adalah jempol atau ibu jari. Bagian ini merupakan organ yang berhubungan dengan organ limpa dan perut. Bahkan ibu jari juga berpengaruh pada tingkat kecemasan atau stres seseorang.

Itulah sebabnya jika kita merasa bad mood atau lelah, sebaiknya pijatlah bagian jempol selama lima menit. Rasa lelah, bad mood, dan stres diyakini bisa hilang. Sehingga tubuh akan kembali pulih dan bersemangat.

Sedangkan pijatan pada bagian jari manis diyakini bisa menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu memijat jari manis bisa untuk mengatasi suasana hati yang resah, galau, dan gelisah. Selain itu memijat jari manis juga bisa menyehatkan pernapasan.

Memijat jari tengah dipercaya bisa kondisi seseorang yang sering marah. Pasalnya pijatan di jari tengah berhubungan dengan tingkat emosi negatif seseorang. Rutin memijat jari tengah membuat Anda bisa mengontrol rasa marah yang timbul akibat sakit hati.

Sementara memijat bagian kelingking bisa mengatasi rasa dudup dan minder atau rendah diri. Pasalnya memijat jari kelingking dapat memberikan rasa nyaman dan menghindarkan dari gugup, dan minder serta menumbuhkan rasa percaya diri.

Selain jari, pemijatan pada telapak tangan juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Pijatan pada telapak tangan berfungsi untuk meredakan diare, mual, dan sembelit.

Namun perlu diperhatikan saat melakukan pemijatan pada bagian-bagian telapak dan jari tangan harus disertai dengan pernafasan yang benar. Selain itu tubuh harus dalam kondisi rileks agar bisa memberikan hasil yang baik bagi kesehatan tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Nanang Djamaludin

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nusantara (JARANAN), Konsultan Keayahbundaan dan Perlindungan Anak.

FOLLOW US

Tim Teknis Bikin Boros Anggaran Saja             Presiden dan Kapolri Perlu Ambil Sikap Tegas             Fungsi Hutan Tidak Hanya dari Aspek Ekonomi              Kodim Lakukan Pendekatan Pembinaan Teriorial Bukan Pendekatan Operasi Tempur             Lingkungan Baik Ciptakan Anak Sehat             Anak Memiliki Bakat dan Kecerdasan yang Berbeda             Indonesia Bakal Menuai Musibah Electronic Sports             Pemekaran Kodim vis a vis Visi Pertahanan Negara Poros Maritim Dunia             Menggugat Peran Keluarga  Dalam Perlindungan Anak             Anak, Tanggung Jawab Bersama