Rahasia Kecanggihan Senapan Serbu SS2
berita

17 July 2019 15:00
Watyutink.com - Senapan serbu SS2 merupakan generasi kedua dari senapan serbu SS1 buatan PT. Pindad. Senapan SS2 ini menjadi senapan standar TNI dan Polri, yang sebelumnya menggunakan M16, Steyr AUG dan AK-47 sebagai senapan organik. Suatu kebanggaan ketika industri pertahanan dalam negeri mampu memproduksi sendiri Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI. Bahkan, saat ini 90 persen kebutuhan Alutsista dasar TNI dipenuhi dari PT. Pindad. Bukan hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, SS2 ini sudah menyasar pasar internasional lho, menarik bukan?

Tahukah Anda, apa saja keunggulan senapan serbu SS2 yang telah mendunia?

SS2 sudah beberapa kali menjuarai lomba menembak antar negara-negara Australia Army Skill-At-Arms Meeting (AASAM), yakni sebanyak 11 kali. Terakhir kali agenda AASAM ini digelar taun 2018 dan TNI mampu mempertahankan gelar sebagai juara umum.

Senapan serbu SS2 memiliki desain yang ergonomis, tahan terhadap kelembaban tinggi dan lebih ringan. Dengan desain ini maka senapan serbu SS2 tergolong mudah digunakan di darat maupun di air (dalam kondisi panas dan lembab). Pendahulunya, SS1 termasuk berat dan memiliki laras yang kelewat panas sehingga prajurit sering mengeluh karena lecet. Perbaikannya ada pada SS2.

SS2 memiliki berat 3.2kg  dengan panjang 930mm dan panjang laras 460mm. caliber peluru yang digunakan adalah standar NATO, 5.56 x 45 mm dengan rata-rata tembakan peluru 700 butir/menit. Selain itu, kecepatan peluru mencapai 710m/detik dengan jarak tembakan efektif 450m dan dilengkapi dengan teleskop Trijikon atau Close Quarter/Tactical CQT. Kelebihan lainnya, SS-2 dapat dipasangi dengan peredam, teropong malam, bayonet, serta pelontar granat kaliber 40 milimeter. Tak hanya itu saja, popornya dapat dilipat, sehingga mudah untuk dibawa oleh prajurit di lapangan.

SS2 menggunakan alat bidikan besi dan amunisi yang digunakan adalah Magazen box isi 30 butir. Laras pada senapan serbu SS2 mempunyai enam alur dengan putaran 178 mm, dilengkapi dengan peredam sinar yang akan mengurangi pancaran api dan hentakan ke belakang. SS2 juga diakui minim hentakan sehingga mudah digunakan.

SS2 dibuat dalam empat varian, yaitu varian SS2-V1 Kal 5,56 milimeter (mm); SS2-V2 Kal 5,56 mm, dan SS2-V2 HB Kal 5,56 mm; SS2 V4 Kal 5,56 mm, dan SS2-V5 A1 Kal 5,56 mm.

Senapan serbu SS2, termasuk salah satu senjata buatan PT. Pindad yang paling laris. SS2 selain sudah menjadi senjata andalan militer Indonesia, tahun kelahirannya (20016), TNI sudah membeli 10.000 pucuk SS2 dari PT Pindad. SS2 juga dipakai militer Myanmar, Brunei Darussalam, Bangladesh, Irak, Uni Emirat Arab. Membanggakan bukan?

Senapan serbu SS2 ini sudah ada penerusnya SS3 dan kemudian SS4 yang diakui lebih bagus dan lebih akurat lagi dari SS2. Bahkan, SS4 juga disebut-sebut bisa mengalahkan kemampuan senapan serbu paling terkenal di dunia, AK-47 buatan Rusia. Inovasi demi inovasi terus dilakukan guna meningkatkan industri pertahanan dalam negeri untuk mendukung pertahanan nasional.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar             GBHN Isu Elite Politik Saja             Kepentingan Politik Lebih Menonjol