Rahasia di Balik Tidur Miring ke kanan Ala Nabi Muhammad
berita
Sumber Foto : republika.co.id
20 September 2019 09:35
Watyutink.com – Tidur merupakan saat di mana tubuh beristirahat. Namun terkadang posisi tidur yang salah justru akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Dalam beberapa hadist, Nabi Muhammad SAW mencontohkan untuk tidur dengan posisi badan miring ke kanan.

Tahukah Anda manfaat di balik tidur miring ke kanan ala Nabi Muhammad SAW?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Professor Chris Idzikowski, Direktur Sleep Assessment And Advisory Service, posisi tidur ternyata berpengaruh cukup signifikan terhadap kesehatan seseorang. Sedangkan menurut dr Hooman Melamed, ahli bedah ortopedi di DISC Sports And Spine Center di Los Angeles, California, 80 persen populasi mungkin akan mengalami nyeri punggung beberapa kali dalam hidupnya yang diakibatkan posisi tidur yang salah.

Baca Juga

Menurut The Journal of American College of Cardiologi, tidur dengan posisi miring ke kanan lebih aman daripada miring ke kiri. Tidur miring ke kanan mampu mengurangi resiko kegagalan fungsi jantung. Hal ini dikarenakan posisi tubuh miring ke kanan membuat jantung tidak tertindih organ yang lainnya. Selain itu posisi ini membuat darah terdistribusi secara merata dan terkonsentrasi ke tubuh bagian kanan, aliran darah dan denyut jantung yang yang melambat membuat tekanan darah menjadi turun.

Tidur dengan posisi ini dapat mengistirahatkan otak kiri sehingga terhindar dari bahaya pembekuan dan penyempitan pembuluh darah. Selain itu tidur dengan posisi ini membuat cairan empedu meningkat, sehingga terhindar dari gangguan batu kantung empedu.

Bagi yang mengalami sembelit, tidur dengan posisi seperti ini dapat merangsang buang air besar. Tidur miring kekanan mampu merangsang gerak usus besar dan relaksasi otot anus.

Mulai sekarang biasakan diri tidur miring ke kanan untuk mendapatkan manfaatnmya, ya. Bagi ibu hamil, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan posisi tidur yang aman untuk mengantisipasi gangguan pada janin.

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional             Benahi Dulu ICOR Indonesia