Rimpang Bangle, Saudara Kandung Jahe yang Mampu Obati Demam, Rematik, Sembelit dan Cacingan
berita
Rimpang Bangle
19 July 2020 17:15
Watyutink.com - Banyak orang yang terkecoh dengan rempah bernama bangle. Rempah ini sering disangka jahe lantaran bentuknya yang mirip. Bangle dan jahe memang bersaudara. Kedua rempah ini termasuk dalam keluarga tanaman temu-temuan atau Zingiberaceae.

Seperti juga jahe, bangle juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Pasalnya rimpang ini mengandung berbagai senyawa aktif yang berguna untuk bahan pembuat obat tradisional atau herbal. Selain itu bangle juga dimanfaatkan untuk bumbu dapur.

Tahukah Anda, apa manfaat bangle untuk kesehatan?

Manfaat bangle tak lepas dari berbagai kandungan senyawa kimia di dalamnya. Para ahli kesehatan menyebut bangle mengadung 1,8 persen minyak astiri. Rempah ini juga memiliki kandungan senyawa sabinen, seskuifeladren, sineol, asam organik, albuminoid dan kurkuminoid. 

Senyawa lain yang terkandung di dalam bangle adalah saponin, flavonoid, alkaloid, tanin, glikosida, quinon, steroid, dan triterpenoid.

Beragam senyawa aktif itulah yang membuat bangle mampu menyembuhkan berbagai jenis gangguan kesehatan, diantaranya sebagai obat demam. Sifat pedas dan panas bangle mampu menghangatkan tubuh. Sehingga demam pun lenyap.

Ambil 20 gram bangle cuci dengan air bersih lalu parut. Rebus dengan segelas air hingga mendidih. Biarkan jadi hangat,  tambahkan air jeruk nipis dan madu masing-masing satu sendok makan. Minum air rebusan bangle dua kali sehari.

Bangle juga bermanfaat untuk obat sakit perut. Kandungan dalam bengle dipercaya mampu mengurangi rasa sakit perut akibat asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan bangle dan jahe sebesar ibu jari. Iris tipis-tipis lalu rebus dengan segelas air. Setelah mendidih angkat dan biarkan menjadi hangat. Minum air rebusan secara rutin hingga sakit perut reda.

Bangle juga berguma menyembuhkan sembelit atau susah buang air besar. Caranya siapkan 20 gram bangle cuci dengan air bersih. Parut hingga halus. Rebus dengan dua gelas air biarkan hingga tersisa satu gelas. Minum ramuan itu dua kali sehari sampai sembelit sembuh.

Bangle juga mampu mengatasi sakit kepala. Caranya siapkan satu ruas bangle, parut hingga halus. Campur dengan sedikit air hingga menjadi seperti krim dan gunakan untuk memijat kepala yang sakit. Rasa hangat yang dihasilkan bangle akan membuat otot menjadi rileks dan mengurangi sakit kepala.

Sakit akibat rematik juga bisa disembuhkan dengam ramuan bangle. Pasalnya senyawa dalam bengle berguna mengobati penyakit yang berhubungan dengan sendi, seperti rematik. Caranya sama dengan ramuan untuk sakit kepala. Balurkan krim bangle di bagian sendi yang sakit. Lakukan dengan gerakan memijit.

Bangle juga bisa menjadi obat cacingan. Caranya, siapkan 30 gram bangle, dua ruas temu keeling, tujuh butir ketumbar dan lima lembar daun sirih. Tumbuk semua bahan itu hingga halus. Seduh dengan air panas secukupnya lalu saring. Minum ramuan itu secara rutin.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila