Rokok, Penyebab Utama Kematian
berita
Sumber Foto : twitter.com (gie/watyutink.com)
15 November 2018 17:25
Anda suka merokok? Masih suka merokok dan enggan berhenti? Merokok memang mengasyikan. Selain menimbulkan ketenangan, merokok membangkitkan semangat. Namun semua itu baru sebatas mitos tanpa ada bukti ilmiah.  

Tapi tahukah Anda, merokok adalah penyebab kematian terbesar di dunia, selain tekanan darah tinggi, gula darah tinggi dan kelebihan berat badan.

Dari laman ABC Indonesia diperoleh data, dari sekitar  56 juta kematian setiap tahunnya, separuh dari diantaranya disebabkan oleh empat faktor di atas. Rokok menyumbang 7,1 juta kematian setiap tahunnya atau sekitar  12 persen dari seluruh kematian di dunia. 

Bagi pria, rokok menjadi faktor utama penyebab kematian diikuti tekanan darah tinggi dan tingkat gula darah tinggi. Sedangkan bagi wanita penyebab utamanya adalah tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kelebihan berat badan, barulah rokok.

Jadi, masikah Anda merokok?

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan             Blok Masela Jangan Diserahkan Sepenuhnya Kepada Asing             Hendaknya Jangan Berhenti pada Sisi Produksi             Konsumen Kritik Layanan, Seharusnya Dapat Penghargaan             Saatnya Perusahaan Old School Transformasi ke Dunia Digital             Temuan TPF Novel Tidak Fokus