Rutin Konsumsi Kacang Hijau, Sehatkan Jantung, Kulit, Pencernaan dan Cegah Kanker
berita
Bubur Kacang Hijau
23 July 2021 17:00
Watyutink.com - Siapa yang tidak kenal kacang hijau atau kacang ijo. Salah satu jenis kacang-kacangan ini sangat akrab dan lazim bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya aneka jenis kue yang terbuat dari kacang ijo sangat digemari masyarakat. Onde-onde, gandasturi adalah beberapa kue berbahan kacang ijo yang banyak penggemarnya. 

Belum lagi bubur kacang ijo yang sangat banyak penyukanya. Makanan manis ini terasa nikmat saat disantap saat masih hangat. Terlebih jika dicampur dengan ketan hitam. 

Namun banyak orang hanya tahu nikmatnya rasa kacang ijo atau kacang hijau. Padahal kacang ini ternyata kaya akan kandungan nutrisi. Itulah sebabnya kacang ijo banyak digunakan sebagai makanan sehat.

Tahukah Anda, apa manfaat kacang ijo untuk kesehatan?

Para ahli kesehatan menyatakan kacang hijau memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Di lain pihak kacang hijau ternyata rendah kalori. Selain itu kacang hijau juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin A dan C.

Dalam secangkir kacang hijau mentah terdapat sekitar 60 jenis mineral, seperti magnesium, tembaga, serta zat besi yang baik bagi tubuh. Itulah sebabnya kacang hijau sangat baik untuk tubuh, salah satunya menjaga kesehatan jantung. Kacang hijau diyakini dapat memperbaiki kerusakan dan pembengkakan pembuluh darah.

Selain itu kacang hijau juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi kacang hijau dipercaya dapat mencegah penyakit jantung.

Kandungan magnesium dalam kacang hijau sangat penting bagi anak- anak dalam masa pertumbuhan anak-anak. Pasalnya kacang hijau dapat membantu pembentukan sel-sel tulang serta meningkatkan kepadatan tulang. Sedangkan zat besi dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah anemia.

Kacang hijau juga dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini lantaran kacang hijau memiliki kandungan polyphenol dan oligosakarida kadar tinggi. Itulah sebabnya mengonsumsi kacang hijau mampu mengurangi pembengkakan akibat kanker.

Kacang hijau juga sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan percernaan. Kandungan serat dalam kacang hijau akan mempermudah proses pencernaan serta membersihkan racun dari dalam tubuh.

Sedangkan kandungan fitonutrien dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan. Selain itu kacang hijau juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menetralkan bakteri serta virus berbahaya dalam sistem pencernaan

Bagi Anda yang bermasalah dengan jerawat, kacang hijau adalah solusinya. Kacang hijau dapat mendorong produksi kolagen yang dapat mempercantik kulit. Kandungan phytoestrogen dalam kacang hijau berkhasiat mencegah penuaan. Sehingga wajah akan tampak awet muda dan bebas jerawat.

Kacang hijau juga bisa berperan sebagai detoks atau membersihkan racun di dalam tubuh. Kacang hijau mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif membersihkan pestisida dan zat kimia seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF