Rutin Minum Air Jahe, Sakit Kepala Hilang, Masuk Angin Bablas
berita
Air Jahe
29 June 2020 16:07
Watyutink.com – Salah satu gangguna kesehatan yang kerap dirasakan orang adalah sakit kepala. Kondisi ini bisa datang kapan saja, bahkan secara tiba-tiba. Sakit kepala bisa sangat menganggun. Selain menimbulkan nyeri yang amat sangat, sakit kepala juga menyebabkan segala aktivitas terganggu. Bekerja, belajar, bahkan beribadah dipastikan terganggu saat kepala terasa nyut-nyut.

Itulah sebabnya sakit kepala harus segera diatasi. Biasanya orang mempercayakan pengobatan sakit kepala kepada obat-obatan yang banyak dijual di toko obat atau apotik. Terasa mudah lantaran obat tersebut bisa dibeli dengan mudah dan segera diminum saat sakit kepala menyerang.

Padahal sejatinya sakit kepala bisa diatasi dengan mengonsumsi ramuan herbal atau alami. Hal ini sebenarnya lebih baik lantaran ramuan herbal tidak mengandung bahan kimia sebagaimana obat-obatan buatan pabrik.

Tahukah Anda, apa bahan alami yang bisa mengatasi sakit kepala?

Sakit kepala adalah rasa sakit atau nyeri yang terjadi di kepala. Sakit kepala bisa muncul secara bertahap atau mendadak. Saki kepala juga bisa menyerang seluruh bagian kepala atau hanya satu sisi saja. Kepala terasa berdenyut dan seolah dililit tali yang sangat kencang.

Penyebab sakit kepala bisa bermacam-macam. Namun semuanya berpusat pada aktifnya saraf nyeri di kepala. Pemicunya bisa akibat perilaku sehari-hari, seperti kurang tidur atau terlambat makan. Sejumlah penyakit juga bisa menjadi pemicu sakit kepala, seperti sakit gigi, infeksi telinga, hipertensi, atau tumor otak.

Untuk mengetahui secara lebih pasti sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter, terutama jika sakit kepala terjadi berulang-ulang dan tak kunjung sembuh. Namun mencari penyebab sakit kepala juga bisa dilakukan dengan mengamati perilaku sehari-hari .   

Untuk mengatasi sakit kepala, bisanya digunakan obat jenis paracetamol. Obat ini banyak dijual di pasaran secara bebas dengan berbagai merek. Namun sebaiknya, untuk mengatasi sakit kepala jangan terburu-buru mengonsumsi obat kimia buatan pabrik. Sebaiknya coba dulu dengan menggunakan ramuan jahe, madu, dan lemon.

Jahe sudah lama diakui sebagai bahan pembuat obat tradisional. Berbagai penyakit seperti mual, muntah, dan sakit perut bisa disembuhkah dengan minum ramuan jahe. Ternyata, menurut para ahli jahe juga ampuh digunakan untuk mengatasi sakit kepala dan migrain atau sakit kepala sebelah.  

Jahe diketahui kaya akan kandungan senyawa dan nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Kandungan senyawa terserbut, antara lain fenolat, proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleorosin, gingerol, dan shogaol. Sedangkan kandungan nutruisi dalam rempah yang kerap dijadikan bumbu masak ini adalah,  air, serat, karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan kandungan mineral dan vitamin dalam jahe adalah kalsium, fosfor, besi, vitamin  A, B1, B3, dan C. Jahe juga mempunyai sifat antioksidan dan antiradang.

Untuk membuat ramuan jahe caranya cukup mudah. Sebelumnya siapkan bahan-bahannya, yakni, satu atau dua siung jahe sebesar ibu jari, madu, dan lemon atau jeruk nipis. Jahe diparut atau diiris tipis, bisa juga dengan digeprek lalu seduh dengan 300 mililiter atau tiga gelas air panas. Campur dengan madu dan air perasan lemon atau jeruk nipis. Aduk hingga rata dan minum selagi hangat.

Ramuan jahe juga bisa dijadikan minuman harian. Pasalnya jika rutin dikonsumsi ramuan jahe juga berrmanfaat menjaga stamina tubuh dan mencegah masuk angin. Tidak ada salahnya menjadikan air jahe sebagai minuman harian layaknya teh atau kopi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF