Rutin Minum Ramuan Jahe, Pandan, dan Madu Bisa Sembuhkan Sakit Maag dan Asam Lambung
berita
Ramuan Jahe, Pandan, Madu
20 April 2020 16:20
Watyutink.com – Ada beberapa jenis gangguan lambung yang bisa menimpa manusia. Namun ada dua yang sering diderita orang, yakni gangguan asam lambung dan maag. Kedua gangguan kesehatan ini bisa sangat mengganggu. Pasalnya, aktivitas sehari-hari bisa terhenti saat kedua penyakit itu menyerang.

Seringkali, kita menggunakan obat kimia untuk mengobati kedua gangguan lambung tersebut. Padahal selain obat kimia, asam lambung dan maag bisa disembuhkan dengan obat atau bahan alami. Bahkan penggunaan obat herbal atau alami lebih baik lantaran tidak memiliki efek samping.

Tahukah Anda, apa obat alami atau herbal untuk asam lambung dan maag?

Bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan lambung ternyata sangat mudah didapat, yakni jahe.  Selama ini jahe hanya dikenal sebagai rempah atau rimpang yang bisa menghangatkan tubuh. Itulah sebabnya jahe kerap dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tenggorokan dan pernafasan.

Ternyata jahe juga ampuh digunakan sebagai obat gangguan pencernaan. Dilansir dari Helathline, jahe diketahui memiliki kandungan senyawa fenolat yang bermanfaat meredakan iritasi pada saluran pencernaan. Selain itu senyawa tersebut juga dapat mengurangi kontraksi pada lambung. Itulah sebabnya jahe bisa mengurangi risiko zat asam dari lambung naiik hingga mencapai kerongkongan.

Gangguan asam lambung adalah penyakit yang timbul akibat naiknya zat asam dalam lambung hingga mencapai esofagus atau kerongkongan. Penyakit ini biasanya terjadi pada saluran pencerrnaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Gangguan asam lambung biasanya menimbulkan rasa panas seolah terbakar di dada dan nyeri di ulu hati.

Sedangkan penyakit maag adalah gangguan pencerraan yang terjadi akibat adanya luka pada lambung. Maag juga kerap disebut tukak lambung seringkali menyerang lantaran kebiasaan makan terlambat dan tidak teratur. Selain itu makan makanan yang terlalu pedas dan asam juga bisa memicu sakit maag. Saat menyerang, maag atau dispepsia menimbulkan rasa nyeri atau panas pada lambung.

Para ahli menyakini jahe memlilki kegunaan meredakan nyeri pada lambung akibat dua penyakit tersebut. Selain senyawa fenolat, jahe juga memiliki sifat antiradang. Itulah sebabnya iritasi pada lambung akibat maag bisa disembuhkan dengan mengonsumsi ramuan jahe. Selain itu rasa hangat yang ditimbulkan jahe bisa menenangkan tubuh dan mengurangi produksi asam dalam lambung. Manfaat jahe lainnya adalah mengurangi mual, pembengkakan, dan  mencegah nyeri otot.

Untuk bisa mendapatkan manfaat jahe, bisa dengan memakannya mentah-mentah. Namun jika cara ini dirasa kurang nikmat, jahe bisa diolah menjadi teh. Sediakan satu ruas jahe ukuran sedang, dua lembah daun pandan, dan gula aren secukupnya.

Potong atau iris jahe dan daun pandan kecil-kecil. Jahe bisa juga bisa diparut hingga menjadi ukuran kecil. Rebus jahe dan daun pandan tersebut dengan sekitar 200 mililiter air hingga mendidih. Angkat dan tunggu hingga hangat. Tambahkan madu saat meminum teh jahe untuk menambah rasa.

Selain menyembuhkan gangguan pencernaan, rutin minum teh jahe juga bisa mengatasi insomnia atau susah tidur. Pasalnya sensasi hangat dari jahe bisa menimbulkan efek relaksasi yang membuat tubuh lebih santai dan nyaman.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF