Rutin Minum Ramuan Ketumbar, Cegah Serangan Jantung, Hipertensi, Diabetes dan Kolesterol
berita
Sumber Foto : tribunnews.com
15 February 2021 16:30
Watyutink.com - Ketumbar adalah salah satu bumbu dapur yang sangat sering dimanfaatkan. Rempah berbentuk bulat kecil ini biasanya digunakan untuk meningkatkan rasa dan aroma masakan. Beberapa resep masakan, seperti ayam goreng dan bakar, masakan dengan kuah santan, sate, serta aneka gorengan selalu ditambahkan ketumbar pada bumbunya.

Ternyata manfaat ketumbar bukan hanya untuk menambah rasa dan aroma masakan. Pasalnya ketumbar adalah pula rempah yang berguna untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dalam ketumbar diyakini bermanfaat untuk menjaga kebugaran.

Tahukah Anda, apa saja manfaat ketumbar untuk kesehatan?

Berbagai penelitian mengungkapkan ketumbar memiliki 30 kalori, 1,8 gram lemak, 1,2 gram protein, 5,6 gram karbohidrat dan empat gram serat. Sehingga mengkonsumsi ketumbar dapat memenuhi kebutuhan harian hingga delapan persen kalsium, 10 persen zat besi, empat persen vitamin C, dan 68 persen vitamin K.

Beragam manfaat pun diyakini terdapat pada ketumbar, seperti mengatasi rematik, radang sendi, radang kulit, dan keluhan pencernaan. Selain itu ketumbar juga dapt menurunkan kolesterol, mengatasi panas dalam, mencegah diabetes, meredakan nyeri haid dan menyehatkan mata.

Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar melalui postingan di akun Instagramnya mengatakan rutin mengonsumsi ramuan ketumbar bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu ramuan ketumbar juga bisa mencegah penyakit serangan jantung. Pasalnya kandungan nutrisi dalam ketumbar bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Ketumbar juga mampu menjaga tekanan darah tetap normal. Itulah sebabnya mengonsumsi ketumbar sangat baik untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Ketumbar juga dapat membantu menambah nafsu makan dan meningkatkan stamina. Selain itu juga dapat mencegah osteoporosis, anemia, wasir, serta mengatasi bau badan dan mulut.

Untuk mendapatkan manfaat ketumbar, caranya cukup mudah. Sediakan bahan-bahan berupa, satu sendok makan ketumbar, 300 mililiter atau sekitar satu setengah gelas ukuran sedang air panas dan madu secukupnya.

Cuci ketumbar dengan air hingga bersih. Seduh dengan air panas. Diamkan beberapa saat hingga hangat dan air berubah warna. Saring dan tambahkan madu secukupnya. Bisa juga ditambahkan jahe atau kayu manis untuk menambah rasa. Minum satu atau dua kali sehari. Manfaat ketumbar akan Anda rasakan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI