Rutin Minum Teh Jahe Pandan, Sembuhkan Maag, Asam Lambung, Hipertensi dan Insomnia
berita
Sumber Foto : Instagram @nialestaria
08 July 2021 17:00
Watyutink.com - Khasiat bahan-bahan herbal atau alami bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Seiring bertambahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, produk-produk herbal kian digemari. Pasalnya produk kesehatan herbal diyakini lebih aman lantaran bebas kandungan bahan kimia.

Selain itu ramuan herbal seringkali menggunakan bahan-bahan yang bisa didapatkan dengan mudah. Salah satu bahan yang sering diolah menjadi ramuan herbal adalah jahe dan daun pandan. Paduan dua bahan sederhana ini ternyata mempunya manfaat yang luar biasa

Tahukah Anda apa manfaat ramuan jahe dan pandan bagi kesehatan?

Jahe adalah bahan alami yang mudah diperoleh. Pasalnya jahe adalah bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Di dalam satu ruas jahe terdapat anek nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti kandungan air, serat, karbohidrat, protein, dan lemak.

Terdapat pula mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, besi, antioksidan, vitamin A, Vitamin B1, B3, Vitamin C, ezim proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleorosin, gingerol, shogaol,  dan senyawa fenolik.

Kandungan serupa juga terdapat dalam daun pandan. Bahan alami beraroma wangi ini mengandung beragam zat kimia, seperti alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, polifenol, dan zat warna.

Paduan kedua bahan tersebut diyakini mampu mengatasi beberapa gangguan kesehatan, seperti maag dan gangguan lambung lainnya. Kandungan senyawa fenolat dalam jahe bermanfaat meredakan iritasi pada saluran pencernaan. Selain itu senyawa tersebut juga dapat mengurangi kontraksi pada lambung. Itulah sebabnya jahe bisa mengobati gangguaj lambung seperti maag dan asam lambung.

Ramuan jahe pandan juga berguna mengatasi masalah tidur atau insomnia. Senyawa kimia dalam daun pandan diketahui dapat menimbulkan efek rileks dan menenangkan. Hal inilah yang menyebabkan mengonsumsi ramuan daun pandan bisa mempermudah tidur.

Ramuan jahe pandan juga mampu mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi. Saat tubuh merasa rileks, syaraf akan menjadi lebih tenang dan mengurangi ketegangan. Saat saraf menjadi tenang, tekanan darah pun menjadi tenang dan tidak mendadak naik.

Itulah sebabnya ramuan daun pandan baik dikonsumsi penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Rutin mengonsumsi ramuan daun pandan diyakini dapat mengontrol tekanan darah tetap stabil.

Efek hangat yang dihasilkan jahe juga menjadikan ramuan herbal tersebut kerap dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tenggorokan dan pernafasan. Senyawa fenoleat dalam jahe juga memiliki sifat antiradang. Itulah sebabnya ramuan jahe pandan berguna mengurangi mual, pembengkakan, dan mencegah nyeri otot.

Untuk bisa membuat ramuan jahe pandan caranya sangat mudah. Kedua bisa diolah menjadi teh jahe pandan. Sediakan satu ruas jahe ukuran sedang, dua lembar daun pandan, dan gula aren secukupnya.

Potong atau iris jahe dan daun pandan kecil-kecil. Jahe bisa juga bisa diparut hingga menjadi ukuran kecil. Rebus jahe dan daun pandan tersebut dengan sekitar 200 mililiter air hingga mendidih. Angkat dan tunggu hingga hangat. Tambahkan madu saat meminum teh jahe untuk menambah rasa.

Teh jahe pandan bisa diminum rutin dan dinikmati setiap hari untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF